Jumat, 30 Mei 2014

Belajar Berceramah 04



­­­Tanya Jawab Seputar Belajar Berceramah 04

Pertanyaan :

Saya peserta “kelas bimbingan ceramah”, pertama kali diundang berceramah dengan topik “Sutra Usia Tanpa Batas”, berapa lama waktu yang dibutuhkan agar sesuai?

Master Chin Kung Menjawab :

Anda harus mempertimbangkan terlebih dulu masyarakat masa kini, harus terpikir berapa waktu yang diberikan orang lain kepada dirimu sebagai standarnya. Jika orang lain mengundangmu berceramah seminggu, sehari dua jam, maka anda hanya memiliki 14 jam, dalam kurun waktu ini anda sudah harus menyelesaikan ceramah keseluruhan sutra.

Anda harus paham bahwa semakin singkat waktu yang diberikan maka ceramah akan semakin menarik, karena yang diceramahkan adalah intisarinya, sebaliknya semakin panjang waktu yang diberikan, dikhawatirkan isi ceramah banyak tercampur bahasan-bahasan yang tidak perlu, malah tidak memperoleh citra yang baik, maka itu semakin singkat waktunya semakin bagus.

Tahun-tahun sebelumnya, di Taiwan ada seorang anggota Sangha yang bernama Master Ci Hang, sewaktu belajar ada yang mengundang beliau untuk menceramahkan “Surangama Sutra”, waktu yang disediakan adalah dua jam saja. Orang yang mengundangnya adalah seorang pejabat tinggi, tidak punya begitu banyak waktu untuk mendengar ceramah, maka itu harus dalam kurun waktu yang sangat singkat untuk memperkenalkan intisari dari sutra, ini sungguh menakjubkan!

Saya sendiri waktu berada di Hongkong, pernah menggunakan 20 jam untuk menceramahkan “Sutra Usia Tanpa Batas”, biasanya saya diundang berceramah sebulan lamanya. Maka itu, belajar berceramah sebaiknya dimulai dari waktu yang pendek, jika baru mulai saja sudah ingin berceramah secara panjang lebar, ini sungguh tidak mudah, kelak setelah benar-benar telah memasuki kondisi batin, maka saat itu baik berceramah panjang lebar, ceramah singkat, ceramah mendalam, ceramah umum, juga bebas tanpa rintangan, juga dapat menceramahkannya dengan selaras.

Sekarang harus mempertimbangkan, jika ada orang lain mengundangmu berceramah, maka waktu yang dipergunakan jangan sampai lewat dari dua minggu, sehari dua jam atau satu jam setengah, pergunakan ini sebagai pertimbangan.

Di dalam masyarakat masa kini yang penuh kesibukan, untuk meluangkan lebih banyak waktu datang mendengar Dharma, merupakan hal yang tidak memungkinkan bagi sebagian besar orang. Khususnya di Amerika, orang Amerika jika mendengar ceramah tidak dapat melampaui lima hari, karena mereka hanya memiliki waktu cuti yang sedemikian, jika melampaui lima hari, mereka sudah tidak berminat lagi.

Yang paling ideal adalah tiga hari, dia akan meluangkan waktunya datang mendengar ceramah; jika lima hari, mungkin dua hari dia akan absen, maka itu harus memperhatikan kondisi masyarakat setempat. Kami berkesempatan berceramah di sini untuk jangka panjang, ini adalah jalinan jodoh istimewa, jika tidak ada jalinan jodoh sedemikian, juga tidak mungkin bisa berceramah secara panjang lebar.
   


問:培訓班的同學,第一次大座學講《無量壽經》,請問應用多少時間為宜?

答:你必需要考慮現代的社會,要想到別人給你限定多少時間為準。別人請你講一個星期,一天講兩個小時,你只有十四個小時,你要在這個時間內把這部經講圓滿。你要懂得,時間愈少講得愈精彩,因為講的是精華。時間愈長愈難講,怕的是廢話連篇,反而得不到好印象,所以愈短愈好。

早年,台灣有一位住在彌勒內院的慈航法師,在研習中有人請他講《楞嚴經》,時間是兩小時。請法者是做大官的,沒有那麼多時間聽經,所以要以最短的時間把這部經的精華介紹出來,這是真正高明!

我也曾經在香港用了二十個小時講了一部《無量壽經》,往常都是請我講一個月。所以,學講經先學短講,一開始就學長講很不容易,到最後真正契入境界,長講、短講,深講、淺講,都得自在,都能圓融。

  現在要考慮到,別人請你講經,時間不可能超過兩個星期,一次是講兩個小時或是一個半小時,要以此為考量。在工業繁忙的現代社會,撥出長時間來聽經,一般都不可能。特別是在美國,美國人聽經不能超過五天,因為他只有那麼長的假期,超過五天以上,他就沒有興趣了。最理想的是三天,他會抽時間出來聽;若是五天,可能有兩天缺席,所以一定要顧及當前的社會。我們在此地長講,這是特殊的因緣,如果沒有這樣的因緣,也不可能長講。21-090-0071