Kamis, 10 Juli 2014

Sila 02



­­­Tanya Jawab Seputar Sila 02

Pertanyaan :

Saat kini adalah periode berakhirnya Dharma, baik anggota Sangha maupun umat awam saling mengkritik, apakah hal ini diperbolehkan?

Master Chin Kung Menjawab :

“Jika ingin Buddha Dharma berjaya, maka hanya dengan anggota Sangha saling memuji”. Jika saling menyerang, maka ini sudah melanggar ajaran yang dibabarkan oleh Buddha, merusak citra Ajaran Buddha, dosa ini lebih berat daripada “memecah belah Sangha”.

Siswa Buddha sejati takkan saling menyerang. Bila bertemu dengan persoalan ini maka harus segera menghindar dan menjauh, takkan mengkritik juga takkan menaruh di hati, “masing-masing melatih diri sesuai dengan metode yang dianut, siapa yang melatih diri siapa yang memperoleh hasil, bagi yang tidak melatih diri takkan mendapat hasil apapun”, masing-masing melatih diri sesuai dengan metode yang dianut masing-masing.

Jika orang lain menyerang diriku, janganlah dihiraukan, terserah saja apakah dia mau marah atau menfitnah, setelah capek amarahnya juga akan mereda. Kita belajar mengalah, tidak menghiraukan segalanya.


問:現今末法時期,法師互相攻訐,居士批評知名法師,請問是否如法?

答:「若要佛法興,除非僧讚僧」。互相攻訐違背了佛陀教誡,犯破壞佛教形象罪,比「破和合僧」罪還重。真正佛弟子,決不互相攻訐。遇到這種事,要趕快避開,不批評也不放在心上,「公修公得,婆修婆得,不修不得」,各修各的。如果別人攻訐我,不要回答,隨他罵、隨他毀謗,他罵累就不罵了。我們修忍讓,一概置之不理。21-117-0001