Selasa, 20 Mei 2014

Umat Berkeluarga 02



­­­Tanya Jawab Seputar Umat Berkeluarga 02

Pertanyaan :

Saat tidur di malam hari, setiap tiba sekitar pukul tiga pagi, merasa ada orang yang mendorongku sejenak, kemudian saya terbangun. Menurutku ini adalah Dewa Pelindung Dharma yang membangunkanku untuk melakukan kebaktian pagi, kadang kala malam hari juga ada gejala sedemikian. Apakah ini adalah gangguan mental atau memang Dewa Pelindung Dharma yang membangunkanku?

Master Chin Kung Menjawab :

Pemikiranmu sungguh bagus, anggap saja ini sebagai Dewa Pelindung Dharma yang membangunkanmu untuk melakukan kebaktian pagi. Anda juga jangan menaruh masalah ini di hati, pikiran harus difokuskan pada pelafalan Amituofo. Umat berkeluarga dalam melakukan kebaktian pagi dan sore, sebaiknya memperbanyak melafal Amituofo, seperti kata sesepuh : “Daripada membaca sutra lebih baik melafal mantra, daripada melafal mantra lebih baik melafal Amituofo”.

Kecuali jika anda memimpin kebaktian di vihara, harus mematuhi peraturan di vihara; selain itu kecuali anda membangkitkan niat menyebarkan Buddha Dharma, maka harus menfokuskan diri ke dalam ajaran sutra. Jika tanpa hal demikian, seharusnya menfokuskan diri ke dalam lafalan Amituofo, bertekad lahir ke Alam Sukhavati, ini adalah hal utama di dalam kehidupan ini.


問:晚上睡覺時,每到三點鐘左右,總覺得有人猛推我一下,然後我就醒了。我認為是護法神催我上早課,有時晚上也會出現這種現象。請問這是病態,還是護法神叫我起床?

答:你的想法很好,就當作護法神催你上早課就好了。你也不要把這件事情放在心上,要把心專注在念佛。在家居士早晚課多念佛好,古大德說:「念經不如念咒,念咒不如念佛。」除非你是在道場領眾,道場有規矩就要遵照規矩;另外是你發心講經弘法,就把心專注在經教上。如果沒有這些事情,應當專心念佛,決定求生淨土,這是這一生的第一件大事。21-090-0081