Rabu, 28 Mei 2014

Sebab Akibat 11



­­­Tanya Jawab Seputar Sebab Akibat 11

Pertanyaan :

Di dunia ini banyak orang kaya tetapi kikir. Dari segi Hukum Karma Ajaran Buddha, harta kekayaan yang diperoleh sekarang adalah karena sering berdana pada masa kelahiran lampau. Jika memang pada kelahiran lampaunya memiliki sifat murah hati, lalu mengapa sifat murah hatinya ini tidak bisa dibawa serta hingga pada kehidupan sekarang ini?

Master Chin Kung Menjawab :

Sifat kelahiran lampau pasti bisa dibawa hingga kelahiran sekarang. Tetapi pada kelahiran kini sifat kikir dan tidak sudi berdana, bukanlah berarti sifat murah hati yang ada pada masa kelahiran lampaunya tidak dibawa serta, tetapi dia terpengaruh oleh lingkungannya saat kehidupan sekarang ini.

Pepatah mengatakan : “Mendekati vermilion akan menjadi merah, mendekati tinta maka jadi hitam”. Pada kehidupan sekarang ini, lingkungan kehidupan kita pasti membawa pengaruh pada kepribadian diri. Lingkungan sekitarnya, orang-orang di sekelilingnya, jika hanya tahu mementingkan diri sendiri, hidup dalam lingkungan sedemikian, jika dia tidak terpengaruh maka dia adalah Bodhisattva, bukan orang awam; jika dia adalah orang awam maka pasti terpengaruh.

Di dalam “Kitab Tiga Aksara” tercantum bahwa jika seseorang itu tidak dididik maka dia akan jadi jahat. Mengapa demikian?  Terpengaruh oleh lingkungan masyarakat yang buruk. Hari ini pergolakan dalam masyarakat dikarenakan tidak adanya pendidikan, maka itu orang jaman sekarang sungguh kasihan, tidak ada pendidikan keluarga, di sekolah juga tidak diajarkan budi pekerti, yang diajari adalah mementingkan diri sendiri, maka itu menghasilkan persaingan.

Persaingan membawa cara berpikirmu ke arah merugikan orang lain demi menguntungkan diri sendiri, selalu memikirkan bagaimana cara untuk menguntungkan diri sendiri, dan kesengsaraan yang dialami orang lain tidak ada kaitannya dengan diri sendiri, gagasan pendidikan jaman sekarang adalah sedemikian.

Persaingan berkembang terus akan menjadi perebutan, perebutan berkembang terus akan menjadi peperangan, peperangan berkembang terus akan menjadi kiamat. Maka itu betapa pentingnya pendidikan budi pekerti!


問:世間有許多富有之人,非常吝嗇。以佛法的因果道理來看,今世的財富是過去世有修布施。既然過去世有這樣習慣性布施,請問何以過去世的習性不能帶來今生?

答:過去的習氣肯定能帶到今生。但是今生吝嗇不肯布施,並非他過去種布施的習氣沒有帶來,而是受這一生當中環境的影響,這是後天的,不是先天的。古人所謂:「近朱者赤,近墨者黑。」這一生當中,生活環境對他肯定有影響。他的環境、周邊的人如果都是自私自利,生活在這種環境當中,如果他不受影響,他是菩薩,不是凡夫;如果他是凡人,就肯定受影響。

  《三字經》云:「茍不教,性乃遷。」假使你沒有教他,他的性情就變壞,為什麼?受社會惡的氣氛影響。今天世風日下,社會動亂的根本原因在沒有教育,所以現在人很可憐,沒有家庭教育,學校也不講倫理道德,所教的都是自私自利,由此形成了競爭。競爭誘導你的思想方向是損人利己,考慮怎樣對自己有利,對別人的傷害與自己不相干,現前教育教的是這個觀念。競爭發展下去就是鬥爭,鬥爭發展下去就是戰爭,戰爭發展下去就是世界末日。所以,教育非常重要!21-090-0089