Selasa, 13 Mei 2014

Kehidupan 57



­­­Tanya Jawab Seputar Kehidupan 57

Pertanyaan :

Putraku adalah seorang homo, menjalin hubungan sesama jenis, ingin memperbaiki diri kembali ke jalan yang benar, tetapi tidak berdaya melakukannya. Banyak buku tentang mengapa orang bisa menjadi homo, sebagian besar karena memang sudah dibawa sejak lahir, bukanlah pilihannya di kemudian hari, jadi sudah tidak bisa diubah, putraku ini ingin mengetahui bagaimana pandangan Ajaran Buddha terhadap kaum homo? Apakah di dalam Ajaran Buddha ada disinggung tentang hubungan sesama jenis? Jika ada, mohon ceramahkan di dalam sutra yang mana?

Master Chin Kung Menjawab :

Hubungan sesama jenis mungkin belum ada pada masyarakat jaman dulu, ini adalah fenomena jaman modern. Jaman dulu orang masih memahami etika moral, di dalam menjalin hubungan asmara masih ada batasnya. Sedangkan jaman sekarang, bukan hanya hubungan sesama jenis, bahkan hubungan pria wanita saja juga bermasalah. Masyarakat juga menuju pergolakan, hubungan suami istri juga sulit bertahan, angka perceraian sangat tinggi.

Masa kini pelanggaran yang dilakukan anak muda, 90 persen diantaranya adalah karena rumahtangga bermasalah, jika keadaan keluarga sehat, maka anak-anak takkan melanggar hukum. Kini ayah dan anak saja tidak memiliki rasa persaudaraan lagi, suami istri tidak lagi setia, fenomena ini sangat banyak, ini adalah akar permasalahan dari gejolak masyarakat dan bencana.

Masyarakat jaman dulu menjunjung tinggi pendidikan keluarga, menggalakkan berbakti pada ayahbunda, maka itu keluarga hidup dengan baik, selama beribu-ribu tahun juga serupa. Sekarang putra putri harus berebutan dengan ayahbundanya, pria wanita memperebutkan kesetaraan, memperjuangkan kebebasan bercinta, makin bercinta dunia makin kacau, masalah semakin rumit, bencana makin banyak.

Andaikata putramu dapat memperbanyak belajar Di Zi Gui dan “Buddhabhasita dasabhadra karmamarga sutra (Sutra Sepuluh Kebajikan)”, maka masalahnya bisa selesai.


問: 我的兒子是一位同性戀者,很想改過來,但沒有辦法做到。很多分析同性戀成因的書籍說,有些同性戀是與生俱來的,不是自己後天選擇,不能改變,他很想知道佛教如何看同性戀者?佛教有沒有說同性戀的問題?如有,請開示在哪一部經?

答:同性戀可能在從前的社會沒有,是現在才有的現象。以前的人懂道德,在感情關係上都是有分寸的。現在這個時代,不僅是同性戀,連男女戀愛都有問題。社會也傾向暴力,夫妻關係很難維持,離婚率非常高。

現在青少年犯罪,百分之九十都是因為家庭有問題,若家庭氣氛健康,則小孩就不會犯罪。現在父子無親、夫婦無義的現象很多,這就是整個社會動亂和天災人禍的根本原因。從前的社會重視家庭教育,提倡孝順父母,所以家庭過得很好,幾千年來都是這個樣子。現在子女一定要跟父母爭,男女要爭平等,要爭自由戀愛,愈愛世界愈亂,問題愈來愈嚴重,災難愈來愈多。

  你的兒子若多學《弟子規》、《十善業道經》,他的問題就可以解決。21-272-0001