Jumat, 23 Mei 2014

Tata Cara 05



­­­Tanya Jawab Seputar Tata Cara 05

Pertanyaan :

Murid ingin menjalankan Uposatha Sila di rumah, apakah ada tata cara tertentu?

Master Chin Kung Menjawab :

Untuk mengambil Uposatha Sila ada tata caranya, namun diri sendiri boleh mengambil sila di hadapan rupang Buddha dan Bodhisattva, tidak perlu setiap hari mengundang anggota Sangha untuk memimpin upacara pengambilan sila. Masa berlaku Uposatha Sila adalah sehari, jika pada hari kedua ingin menjalankannya lagi, masih harus melakukan tata cara ini, yang berarti setiap hari menjalankannya, maka setiap hari harus melakukan tata cara, karena masa efektifnya hanya sehari.

Di dalam Uposatha Sila yang penting adalah kesucian, barulah dapat membantumu memperoleh hati yang suci. Dalam formalitasnya, pelaksanaan ini berupa tidak makan lewat tengah hari. Tetapi setiap hari yang disebut tengah hari itu waktunya berbeda-beda, setiap hari berbeda empat detik, maka itu jika anda hendak menjalankan Uposatha Sila, sebaiknya juga membaca Kalender Astronomi, didalamnya tercatat dengan sangat jelas.

Biasanya siang hari sekitar pukul 11 hingga pukul 11.30 dapat dipastikan tidak melewati tengah hari, setelah melewati tengah hari hanya boleh minum air, sampai keesokan pagi baru boleh makan. Segala cairan yang memiliki endapan, setelah meminumnya termasuk melanggar sila. Di dalam sutra tercantum bahwa madu, air gula tidak memiliki endapan, maka boleh diminum.

Ini harus dilatih dengan perlahan-lahan, setelah hati menjadi suci, makanan yang diperlukan akan jadi berkurang, juga takkan merasa kesulitan. Maka itu, untuk menjalani Uposatha Sila, hati kita harus begitu suci, jika saat menjalaninya masih ada kerisauan maka ini sudah salah, itu juga hanya merupakan formalitas saja, didalamnya tidak terdapat makna yang sesungguhnya.


問:弟子想在家持八關齋戒,請問有無任何儀規?

答:八關齋戒有儀規,但是自己可以在佛菩薩形像前受持,不必每天請法師來主持儀式。八關齋戒的期限是一天,如果第二天要再繼續受持,還要再做這個儀式,也就是天天持,天天要做儀式,因為它的效果只有一天。

  八關齋戒最重要的是「齋」,齋一定要做得清淨,才能幫助你得清淨心。在形式上,齋要過午不食,也就是日中以後就不食。但每天日中的時間不同,每天是相差四秒鐘,所以你要持八關齋戒,最好參考天文日曆,裡面註得很清楚。通常十一點到十一點半是肯定不過中,過中之後只能喝水,一直到第二天早晨才能吃東西。凡是有沉澱的東西,喝了之後統統是破齋。經戒告訴我們,蜂蜜、糖水不會沉澱,可以食用。這要慢慢練習,心清淨了,需要的飲食自然就少,感覺就不困難。所以,持八關齋戒,心地要非常清淨,若受持時有煩躁就錯了,那也只是形式,沒有實質的內容。21-090-0076