Sabtu, 31 Mei 2014

Belajar Berceramah 10



­­­Tanya Jawab Seputar Belajar Berceramah 10

Pertanyaan :

Peserta kelas bimbingan ceramah saat naik ke podium mengulangi ceramah, semoga Master dapat langsung memberikan penilaian.

Master Chin Kung Menjawab :

Saat kalian berceramah, saya juga sedang menyaksikannya lewat CCTV, karena begitu saya masuk ke dalam ruang ceramah, kalian langsung gugup dan salah tingkah. Tetapi sebaiknya saya juga harus masuk ke dalam ruang ceramah, jika saat saya masuk ke dalam ruang ceramah, kalian juga bisa bersikap dan berceramah seperti biasa, maka ini akan sangat bagus. Kelak ketika kalian berceramah, tiba-tiba kedatangan seorang praktisi senior, kalian jadi gugup dan salah tingkah, maka ini sudah salah, ini harus dilatih.

Saya jadi teringat ketika dulu pernah berkunjung ke sebuah kampus Agama Buddha, saat itu perkuliahan sedang berjalan, saya masuk dan duduk di baris bangku paling belakang selama setengah jam, dosen yang sedang memberi kuliah itu jadi gugup dan salah tingkah, pokok bahasan juga jadi lari, begitu melihat kondisinya sudah tak betul, maka saya segera meninggalkan ruangan kelas agar dosen itu dapat bersikap seperti sedia kala. Maka itu hal ini harus dipelajari.


問:培訓班同學在大座覆講時,期盼老法師能親自蒞臨講評。

答:你們同學講經,我都在閉路電視裡面看,因為我一進講堂,你們講得就完全走樣了。但是最後我一定要進講堂,如果我進講堂時,你們也能像平常一樣講話,這樣就好了。將來你們講經時,突然之間來了一位大德,你們就手忙腳亂,那就錯了,這一定要訓練。記得往年我去參觀一個佛學院,佛學院正在上課,我坐在最後一排聽了半小時,這個老師在台上就手忙腳亂,說話都哆嗦,我一看情形不對,就趕緊離開讓他恢復正常。所以,這是一定要學習的。21-090-0075