Sabtu, 17 Mei 2014

Masalah Terbesar 33



­­­Tanya Jawab Seputar Masalah Terbesar Dalam Kehidupan Manusia 33

Pertanyaan :

Bagaimana caranya memastikan seseorang itu telah terlahir ke Alam Sukhavati? Menurut buku panduan Zhu Nian (buku-buku yang memberi arahan tentang cara membantu orang lain melafal Amituofo), setelah 12 jam berlalu sejak nafas berhenti, jika puncak kepalanya masih hangat berarti sudah terlahir ke Alam Sukhavati, mohon guru menjelaskannya.

Master Chin Kung Menjawab :

Kesadaran seseorang yakni yang biasa kita sebut roh, terlahir ke Alam Sukhavati adalah keluar dari puncak kepalanya, terlahir ke surga juga melalui puncak kepala, puncak kepala akan panas, pahalanya sungguh besar; jika yang keluar melalui telapak kaki adalah jatuh ke neraka, dari lutut adalah alam setan kelaparan, tetapi sebaiknya jangan coba diraba-raba, jika kesadarannya belum meninggalkan tubuh kasarnya, anda merabanya dia akan menderita, begitu timbul kebencian, ini akan menuntunnya jatuh ke alam rendah.

Seseorang yang telah meninggal dunia setelah melalui bantuan pelafalan Amituofo, wajahnya akan tampak damai, wajah juga berubah menjadi merah cerah, seperti orang yang sedang tertidur pulas, takkan tampak serupa orang sakit, ini adalah tanda-tanda bagus, pasti merupakan pahala alam manusia dan Alam Dewa ke atas, dengan demikian hati kita pun jadi tenang.

Mengenai apakah benar sudah berhasil terlahir di Alam Sukhavati, harus melihat ketrampilan melatih dirinya dalam keseharian dengan tanda-tanda istimewa saat menjelang ajalnya, apakah terjalin atau tidak. Mengenai setelah kremasi apakah ada atau tidak ada sarira, juga bukan bukti bahwa dia telah berhasil terlahir ke Alam Sukhavati. Yang paling bisa diandalkan adalah saat menjelang ajal dia mengatakannya sendiri kepada orang-orang di sampingnya bahwa “Buddha sudah datang untuk menjemputku”, ini pasti berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, tetapi anda sebaiknya jangan menyentuhnya, karena bila menyentuhnya akan merintangi usahanya terlahir ke Alam Sukhavati.


問: 請問怎樣印證是否往生?據有關助念的書提到,斷氣後十二個小時摸到頭頂有熱是生西方,請老法師解釋?

答:臨終之人的神識,也就是靈魂,往生西方是從頭頂,生天也是從頭頂,頭頂會熱,福報都非常大;那往下,就是六道,若從腳板心就是地獄,從膝蓋就是餓鬼道,可是最好不要去摸他,他神識沒有離開的時候,你摸他他會痛苦,他生瞋恚心,這會導致他生惡道。往生的人,在經過助念後,相貌變得很慈祥,臉色變得紅潤,就像睡覺,沒有病容,這都是好相,肯定是人天福報以上的,這樣我們的心就很安了。

  至於是不是真的往生了,要看他平常的功行跟他走的瑞相是否相應。至於火化之後有舍利,也不一定證明他往生。最可靠的,是他在臨命終的時候,會告訴旁邊的人「佛來接引我了」,這就決定往生,但是你還是不要碰他,碰他就會障礙他往生。21-275-0001