Jumat, 09 Mei 2014

Kehidupan 29



­­­Tanya Jawab Seputar Kehidupan 29

Pertanyaan :

Bagaimana caranya membantu orang yang keras kepala, penuh kebencian, menfitnah Triratna, suka mengendalikan orang lain, juga tak percaya pada Hukum Karma?

Master Chin Kung Menjawab :

“Permusuhan harus diurai jangan dijalin”, jika dia membenci dirimu, maka anda jangan membenci dirinya. Jika tidak, saling membenci dan saling membalas, berputar dalam roda kelahiran dan kematian tiada usainya. Bahkan satu kehidupan demi satu kehidupan akan semakin parah, harus tahu buah  akibatnya. Maka itu, harus perbanyak mendengar ceramah Dharma, setelah memahami kebenaran dengan jelas, maka dapat mengurai tali permusuhan.

Kesimpulannya, saat kondisi yang tidak menyenangkan muncul, harus diterima dengan ikhlas, maka ini dapat mengeliminasi rintangan karma. Harus berpikir : Masa kehidupan lampau saya bersalah padanya, hari ini dia bersikap begitu padaku, ini adalah balasan yang setimpal, baru dapat bersabar menerima segalanya. Kemudian setelah permusuhan terurai, dia takkan bersikap buruk lagi padamu.

Maka itu, anda tidak boleh memiliki kebencian sama sekali. Setiap hari melafal Amituofo, melakukan namaskara pada Buddha, memohon agar Triratna memberkati, melimpahkan jasa kepadanya. Senantiasa mengingat sisi baiknya, jangan memikirkan sisi buruknya, menggunakan waktu selama tiga tahun, lima tahun, delapan tahun, bahkan sepuluh tahun, jalinan permusuhan kalian akan dapat terurai.  

Jika dia bersikap buruk pada dirimu dan anda juga membencinya, ini adalah sikap yang paling bodoh. Penderitaan yang harus kalian alami adalah seumur hidup, bahkan berlanjut hingga kehidupan mendatang. Maka itu, insan yang memiliki kebijaksanaan, ketika bertemu dengan musuh kerabat penagih hutang masa kehidupan lampau, pasti akan memikirkan cara untuk mengurainya.


因果輪迴的家人?

答:「冤家宜解不宜結」,他對你有怨恨心,你對他不能有怨恨心。否則,冤冤相報,生生世世沒完沒了,而且一世比一世嚴重,這個果報一定要曉得。所以,要多聽經,道理清楚明瞭之後,就可以化解冤家。

  總之,一切逆境現前都要逆來順受,就可消業障。要想:我過去對不起他,今天他這樣對待我,是一報還一報,就一切都能忍受。以後怨恨化解了,他就不會再用這個態度對待你了。因此,你絕不可以有一念瞋恚心。你每天念佛、拜佛、求三寶加持,迴向給他。常常念他的好處,不要想他的壞處,用三年、五年、八年、十年的時間,你們的怨結就能解開。如果他對你不好,你對他生怨,這是最愚痴的。你們的苦難要受一輩子,來生還要受。所以,真正有智慧的人,遇到冤親債主,一定要想方法化解。21-242-0001