Kamis, 22 Mei 2014

Vegetarian 04



­­­Tanya Jawab Seputar Vegetarian 04

Pertanyaan :

Setelah mulai bervegetarian, daya ingat dan kemampuan pemahamanku mulai menurun, sehingga dalam aktivitas keseharian jadi tak leluasa, gejala ini sudah berlangsung bertahun-tahun lamanya. Apakah ini berarti kondisi tubuhku tidak sesuai untuk bervegetarian?

Master Chin Kung Menjawab :

Masa lalu anda sudah terbiasa dengan makanan daging, kini anda hendak berubah, tubuh memerlukan satu kurun waktu untuk beradaptasi, maka itu akan ada gejala penurunan berat badan. Saya mulai bervegetarian pada usia 26 tahun, berat badan mengalami penurunan, wajah pucat dan kurus, gejala ini berlangsung sekitar dua hingga tiga tahun; tetapi daya ingatku, kemampuan pemahamanku, semangat dan aktivitasku, tidak terpengaruh sama sekali.

Sebagian besar para vegetarian akan mengalami gejala tubuh jadi kurus dan bobot badan semakin ringan, ini dikarenakan perubahan pada kondisi tubuh, tetapi perlahan akan kembali seperti sedia kala. Mengenai daya ingat dan kemampuan pemahaman yang menurun, ini adalah gejala tidak normal, diri sendiri harus melakukan introspeksi diri, konsultasi dengan dokter, mungkin juga berkaitan dengan kondisi fisik.

Harus diketahui bahwa, bervegetarian terhadap tubuh pasti memiliki manfaat yang baik, terutama pada masa kini. Di Taiwan, babi dipelihara hingga usia enam bulan sudah disembelih, ayam dipelihara hingga enam minggu sudah dipotong, dalam waktu yang begitu singkat, sejak lahir hingga memaksanya jadi besar, berapa bahan makanan kimia yang harus disuap ke mulutnya? Bahan makanan kimia ini tidak normal, maka itu di dalam daging terkandung racun. Daging hewani dapat menimbulkan beragam penyakit, pengetahuan ini harus dipahami.

Daging hewani masa kini tidaklah sama dengan masa dulu, rasanya, cara ternaknya juga tidak sama. Dulu, tak peduli itu adalah ternak milik perorangan maupun usaha besar, tetap dipelihara di ruang terbuka dan luas, hewan bisa berkeluyuran bebas mencari makan, maka itu hatinya begitu lapang dan nyaman, emosinya juga stabil.

Sekarang ternak peliharaan, begitu terlahir sudah berada dalam kurungan kandang, setiap hari memakai beragam cara untuk menyuapinya, memaksanya agar segera tumbuh besar. Maka itu, sejak lahir sampai mati, sepanjang hidupnya hewan ternak itu dikurung dalam kandang, tidak memiliki ruang gerak sama sekali. Kita tahu bahwa emosi bisa mempengaruhi kondisi tubuh, demikian juga dengan hewan, emosinya sungguh buruk, bagaimana mungkin dagingnya bisa lezat!

Sekitar dua atau tiga puluh tahun yang lalu, saya pernah meminta bimbingan dari istri guruku, Nyonya Fang, 30 tahun yang lalu daging babi dan ayam yang kita makan, apakah rasanya sama dengan yang kita makan sekarang? Setelah berpikir agak lama, dia menjawab “tidak sama”. Mengapa tidak sama? Emosi dari para hewan ternak ini tidak sama. Konsumsi daging hewani pada masa lalu masih sehat, tetapi sekarang daging membawa bakteri penyakit, bagaimana boleh dimakan?

Di Australia, Selandia Baru, Amerika atau Canada, terdapat lahan peternakan sapi yang luas, hewan dapat bergerak leluasa, melewati kehidupan alamiah. Maka itu daging sapi maupun daging kambing ternakan Selandia Baru, Australia, diminati oleh seluruh dunia, dapat dipastikan tidak ada campur tangan faktor manusia, tumbuh dan besar secara alamiah di alam bebas. Sedangkan Wilayah Taiwan sangatlah kecil dan sempit, hewan ternak dikurung di dalam kandang, daging demikian sebaiknya jangan dikonsumsi.

Orang jaman sekarang memang sangat menderita, sampai-sampai sayuran juga disemprot pestisida, bahkan kadarnya sangat berat, harus mencuci sayur hingga berkali-kali, barulah bersih. Warna sayur tampaknya segar, tetapi saat dimakan tidak ada rasanya, ini menandakan bahwa pestisida merusak tanaman. Masa dulu, Upasaka Li Bing-nan sering berkata, orang masa kini sungguh kasihan, tiga kali sehari bukan makan nasi, tapi sedang mengkonsumsi racun.

Manfaat dari vegetarian adalah yang pertama adalah melindungi kesehatan tubuh jasmani, yang kedua adalah melindungi hati yang baik; dan yang ketiga adalah melindungi hati maitri karuna. Sikap manusia terhadap makanan, hanya tahu melindungi kesehatan tubuh jasmaninya, namun malah mengabaikan melindungi hati yang baik dan hati maitri karunanya.

Makanan para praktisi Buddhis adalah yang paling bajik, setelah memahami kebenaran ini, saya mulai memilih vegetarian. Kini saya telah berusia lebih dari 70 tahun (lahir pada tahun 1927), menjalani hidup bervegetarian hampir 50 tahun, tubuhku masih sangat bagus, daya ingat dan kemampuan pemahaman semakin berkembang.

Bervegetarian harus memiliki tekad dan kemauan keras, kondisi tubuh berubah hingga mampu beradaptasi, paling sedikit memerlukan waktu tiga tahun, asalkan memiliki keyakinan hati pasti akan berhasil melewatinya.



問:開始素食之後,記憶力與理解力顯著減退,對日常生活造成不便,此情形已持續多年。請問這種體質是否不適合素食?

答:過去是肉食的習慣,現在要改變,生理需要一段時間來適應,所以會有體重減輕的情形。我是二十六歲開始素食,體重下降,面黃肌瘦的情形約有兩、三年的時間;但是記憶力、理解力,精神與工作上,沒有絲毫影響。一般吃長素的人都會有身體瘦弱、體重減輕的經驗,這是因為體質在改變,但會逐漸恢復正常。若是記憶力、理解力衰退,這是不正常的現象,自己要好好反省,並請教醫生,可能與體質也有關係。

要知道,素食對身體有決定的好處,特別在現前時代。在台灣,豬養到六個月就被殺,雞養到六個星期就被宰,在如此短暫的時間內,要讓牠從出生到長成,必須餵養化學飼料,這些飼料本身就不正常,所以肉裡含有毒素。肉食會產生許多疾病,這些常識應當能理解。

以前的肉食與現在迥然不同,滋味、養分都不一樣。在過去,無論是家畜,或是大規模畜牧,這些動物都是養在廣大的空間,自由的覓食,所以牠的心情是開朗的、舒暢的,情緒是穩定的。現在飼養家畜,一出生就關在籠子裡,每天用種種方法來餵牠,促進牠的發育,讓牠很快長大。所以,牠從生到死,終身監禁,一絲毫活動的空間都沒有。我們知道情緒會影響生理,動物亦不例外,牠的情緒不好,肉怎麼會好吃!

我在二、三十年前,曾經向方東美夫人請教,三十年前吃的豬肉、雞肉,與現在的豬肉、雞肉,味道一樣嗎?她想了很久,告訴我「不一樣」。為何不一樣?這些動物的情緒不一樣。過去的肉食是健康的,現在的肉食是帶病菌的,怎麼能吃?在澳洲、紐西蘭、美國、或加拿大,都有廣大的牧場,動物自由自在,過著大自然的生活。所以,澳洲、紐西蘭的牛肉、羊肉,全世界的人都喜歡,決定沒有用人工去促化,完全是自然在原野裡生長的。台灣的面積很小,飼養的動物都關在籠子裡,這種肉食最好還是不吃。

現代人確實很苦,連蔬菜都有農藥,而且農藥的分量很重,必須要多次的清洗,才能洗乾淨。菜色看起來很漂亮,吃起來不是味道,這就說明農藥破壞了植物。過去李炳南老居士常講,現在人很可憐,三餐不是在吃飯,而是在服毒。

  素食的好處,第一、「衛生」,保衛生理;第二、「衛性」,保衛善良的心情;第三、「衛心」,保衛自己的慈悲心。世間人對於飲食只知道衛生,忽略了衛性跟衛心。佛家的飲食確實是最善、最好的,我明白這個道理之後,就採取素食。我現在七十多歲了,素食近五十年,身體都很好,記憶力、理解力不但沒有衰退,反而增長。素食要有毅力、決心,體質改變到完全適應,至少需要三年,有信心就能度過去。20-014-0418