Senin, 23 Juni 2014

Pendidikan 04



­­­Tanya Jawab Seputar Pendidikan 04

Pertanyaan :

Anakku memuja kebebasan, kesenangan materi, bagaimana cara mendidik dan membentuk pribadi dan etika moral anak, agar terjalin dengan Hati Bodhisattva yang memberi manfaat kepada semua makhluk?

Master Chin Kung Menjawab :

Di rumah, kita harus menjadi teladan yang baik bagi keluarga, di masyarakat harus memberi teladan yang baik bagi orang banyak. Dalam kehidupan keseharian melakukannya secara diam-diam, jangan tergesa-gesa berharap agar cepat-cepat memperoleh hasilnya. Jika hasilnya tidak juga kelihatan, maka harus melakukan introspeksi diri “saya masih belum cukup melakukannya, harus lebih serius lagi dan lebih giat melakukannya”, asalkan memiliki ketulusan pasti akan ada mujizatnya. Orang lain belum tergugah, ini karena ketulusan kita belum cukup; andaikata ketulusan kita telah mencapai batas maksimal, takkan ada orang yang tak tergugah.

Di rumah harus menjadi teladan bagi keluarga, benar-benar telah mengamalkan “berbakti pada ayahbunda, menghormati guru dan para senior, berhati maitri tidak membunuh, menjalankan sepuluh kebajikan”, maka ini akan membuat anggota keluarga jadi tersentuh, kerabat, sahabat, dan rekan lainnya. Harus serius melakukannya!

Ikhlas bila diperlakukan tidak adil dan rela menerima kerugian, takkan bersaing dengan orang lain, takkan memaksakan kehendak terhadap sebuah masalah. Jika tidak sudi menerima kerugian dan dibohongi, maka ketulusan anda adalah palsu. Segala sesuatu yang bagus bisa direlakan kepada orang lain; apa yang tidak dikehendaki orang lain, kita rela menerimanya, selamanya berlaku sedemikian. Ini seperti yang ditunjukkan oleh Buddha Sakyamuni, sepanjang hidupNya Beliau hanya memiliki tiga jubah dan satu patra, sehari makan sekali, bermalam di bawah pohon. Hingga usiaNya lanjut, Beliau juga tidak mengubah pola hidupnya, ini nyata adanya.



問: 孩子崇尚自由、物質,請問要如何教育孩子的人格、道德,以菩薩心利益眾人?

答:我們在家裡要給家人做好樣子,在社會要給大眾做好榜樣。日常生活當中潛移默化,不要希望很快能收到效果。效果沒現前,要反省「我做得還不夠,要認真努力去做」,至誠就有感應,所謂「精誠所至,金石為開」。別人還沒有感動,是自己的誠意不夠;真誠到了極處,沒有不感動人的。

  在家裡要做家人的好榜樣,真正把「孝養父母,奉事師長,慈心不殺,修十善業」完全落實,就能感動你的家人、親戚朋友、同事。要真做!肯吃虧,願意上當,於人無爭,於事無求。如果不肯吃虧、不肯上當,你的誠意是假的,不是真的。好的受用,讓給別人;別人不要的,我們來接受,永遠這樣做下去。這是釋迦牟尼佛為我們示現的,老人家一生三衣一缽,日中一食,樹下一宿。到晚年,他也沒有改變此生活方式,這是真的。21-117-0001