Kamis, 08 Mei 2014

Kehidupan 14




­­­Tanya Jawab Seputar Kehidupan 14

Pertanyaan :

Apakah boleh memohon perlindungan dari para Dewa?

Master Chin Kung Menjawab :

Saat kini masyarakat sudah salah menafsirkan Buddha sebagai Dewa, dan menganggap bahwa menyembah Buddha dan Dewa adalah kepercayaan takhayul. Jika memang Dewa bisa melindungi manusia, maka semua manusia yang memohon pada Dewa tentu akan memperoleh keselamatan, maka Dewa ini tentunya sakti! Jika permohonan anda dikabulkan Dewa sementara orang lain tidak berhasil mendapatkannya, bukankah ini adalah tanda tanya.

Buddha membabarkan Hukum Karma, menaburkan benih baik pasti akan berbuah baik pula, jika sebaliknya kita tidak menanam bibit yang bagus, tiada hentinya melakukan kejahatan, hanya memohon pada Buddha dan Bodhisattva, maka Buddha dan Bodhisattva juga tidak bisa melindungi diri kita.

Jika setiap hari berbuat jahat dan memohon perlindungan pada Buddha dan Bodhisattva, bukankah dengan demikian Buddha dan Bodhisattva sudah menjadi pejabat koruptor! Seperti melakukan negosiasi dengan Buddha saja, jika saya melakukan kejahatan dan mendapat keuntungan, maka saya akan memberi persembahan padaMu, bukankah dengan demikian Buddha dan Bodhisattva menerima sogokan darimu? Mana ada aturan begini! Maka itu, bukan saja tidak boleh memiliki pikiran yang tidak baik terhadap Buddha dan Bodhisattva, bahkan terhadap para makhluk halus juga tidak boleh ada.

Pepatah kuno Tiongkok berkata : “Bijak, terang, benar dan jujur disebut Dewa Pelindung”.  Sedangkan kita menggunakan kepura-puraan, hati yang mendustai diri sendiri dan orang lain, memohon keselamatan pada para Dewa, Dewa juga takkan melindungi.

Jika berhati baik, meskipun tidak memohon pada Dewa juga bisa memperoleh keselamatan, kesehatan, maka itu dapat dilihat bahwa keselamatan dan kesehatan tidak ada kaitannya dengan memohon pada Buddha dan Dewa. Tetapi ada juga sejumlah Dewa jahat, saat nasibmu sedang redup, dia akan mempermainkanmu sejenak, menipumu sehingga setelah anda pergi menyembahyanginya, barulah dia memaafkan dirimu, takkan cari masalah lagi, kejadian demikian sejak dulu hingga kini juga ada.


問:請問求神保佑如法嗎?

答:現在社會把佛當作神明看待,而且把求神拜佛看作迷信。若神果然能保佑人,每個求神的人都得到平安保佑,這位神就靈!如果你求得到平安保佑,其他的人沒有得到,這就有問題了。

佛講因果報應,種善因必定得善果,如果我們不種善因,不斷惡修善,只求佛菩薩,佛菩薩也不能保佑我們。我們天天做壞事,求佛菩薩保佑,佛菩薩豈不變成貪官污吏!好像跟佛談條件,我做壞事得一些好處,再供養一點給你,這樣佛菩薩不就是接受賄賂了嗎?哪有這種道理!因此,不但對佛菩薩不可有這種僥倖的心理,對鬼神也不可有。

  中國古人講:「聰明正直是謂神。」我們用虛偽、自欺欺人的心去求神保佑,神也不會保佑。你不求他,也得到平安、健康,可見得平安、健康與拜佛求神確實不相干。但也有一些邪神,看到你運氣不好會作弄你,欺負你,你去拜他、討好他,他可以原諒你,不找你麻煩,這種情形自古以來也有。21-090-0088