Kamis, 08 Mei 2014

Kehidupan 07



­­­Tanya Jawab Seputar Kehidupan 07

Pertanyaan :

Kami selalu tidak bisa membedakan memimpin dan menasehati, selalu menasehati orang lain agar melakukan kebajikan, menasehati sampai akhirnya tanpa disadari menjadi memerintah, dan memaksa orang lain, bagaimana caranya agar jangan sampai jatuh terperangkap sehingga jadi memaksakan kehendak pada orang lain?

Master Chin Kung Menjawab :

Menasehati dan membantu orang lain akhirnya menjadi memerintah orang lain, penyebabnya adalah pemikiran dan pandangan sendiri yang terlalu kuat, alasan lainnya adalah tabiat dan kekotoran batin, yakni niat pikiran yang ingin mengendalikan orang lain. Insan yang belajar Ajaran Buddha harus melepaskan niat pikiran dan tindakan yang ingin mengendalikan orang lain, ini barulah dapat melaksanakan Jalan Bodhisattva.

Adaikata setiap saat memiliki pikiran sedemikian, maka terhadap pelatihan diri sendiri akan menjadi rintangan yang berat, bahkan tidak mudah harmonis dengan orang lain. Niat pikiran dan tindakan sedemikian tidak baik, seharusnya memperbaiki ke arah yang benar.

Ajaran Konfucius mengajarkan kita untuk “rendah hati”, hanya dengan rendah hati barulah dapat bersumbangsih pada semua makhluk, barulah dapat berdana dan memberi persembahan. Jika tidak rendah hati, maka akan angkuh dan tinggi hati, selalu memerintah orang lain, diri sendiri jadi tidak menyadarinya, namun di hati orang lain akan timbul pertentangan yang sangat besar, ini akan merintangi pelatihan diri sendiri.
  


問:我們常搞不清楚主導與輔導,往往勸人為善,勸到後來無形中演變成命令,而去主導他人,請問如何才不會落入主導他人?

答:輔導幫助別人到最後是主宰別人,原因是主觀太強,另外一種原因是習氣煩惱,就是想控制別人的念頭。學佛人一定要放棄控制別人的行為與意念,這才能行菩薩道。若處處有此強烈的意願,對自己修行會造成重大的障礙,並且不易得人和。這個意念、行為都不好,應當修正過來。

  儒家教人「謙虛」,唯有謙虛才能為眾生服務,才能修布施供養。不懂得謙虛,就會貢高傲慢,處處指揮別人,命令式對待別人,自己往往不知不覺,但在別人心裡會產生很大的反感,這是障礙自己的修行。21-090-0044