Senin, 12 Mei 2014

Kehidupan 45



­­­Tanya Jawab Seputar Kehidupan 45

Pertanyaan :

Sekarang banyak pria yang memiliki wanita simpanan di luar, sehingga membawa penyakit pada istrinya, masih memarahi dan memukuli istrinya, bahkan mengancam dengan pisau. Sang istri hanya bisa bersabar dan mengalah, tetapi si suami malah makin merajarela. Ada seorang teman si suami yang memperkenalkan Ajaran Buddha padanya, dia mulai bisa berceramah, tetapi tabiatnya tetap tidak berubah. Apa yang harus dilakukan istrinya?

Master Chin Kung Menjawab :

Kondisi yang anda katakan ini sudah umum terjadi, jika dapat mengamalkan Di Zi Gui baru dapat menyelamatkan dunia ini, maka itu sebagai seorang istri jika dapat belajar dan menguasai Di Zi Gui, suamimu pasti akan tergugah, ini adalah nyata adanya. Buddha Dharma membabarkan dengan jelas tentang alam semesta dan kehidupan manusia, apa yang sepatutnya dilakukan maka harus dilakukan, coba pikirkan apa sebabnya? Yakni akar sudah tidak ada lagi!

Dengan belajar Di Zi Gui baru bisa berubah. Maka itu cobalah menasehati sang istri agar : “Mempelajari Di Zi Gui dan mengamalkan sepenuhnya, maka dengan sendirinya anda pasti dapat membuat sekeluarga menjadi terharu”.

Tujuan dari Ajaran Konfucius dan Ajaran Buddha adalah agar setiap insan dapat kembali ke jalan yang benar, semua keluarga bersukacita, berdampak pada terwujudnya masyarakat yang aman sejahtera, dunia damai sentosa, ini adalah hasil dari pendidikan.

Kita tidak serius berusaha di bidang ini, belajar ajaran sutra, maka tidak memiliki akar kebajikan yang mendalam dan tebal, bagaimana mungkin bisa berhasil? Mendengar ceramah lalu berceramah sendiri, namun tindakan tidak diperbaiki, tiada gunanya! Malah menerapkan Di Zi Gui barulah efektif, mulailah dari sini.

Seluruh sutra Buddha diterapkan di dalam Sepuluh Kebajikan, dan untuk mengamalkan Sepuluh Kebajikan dimulai dengan mengamalkan Di Zi Gui terlebih dulu. Jika praktisi sekalian telah memahami kebenaran ini, maka akan tahu sumber penyakit batin masyarakat, penyakit batin diri sendiri ada di mana, penyakit batin keluarga juga ada di mana dan bagaimana cara mengobatinya.


問: 現在很多男人有外遇,把病帶給妻子,還對妻子打罵,甚至於動刀。妻子一直忍讓,男人就變本加厲。朋友向他介紹佛法,他也會講,可是做法還照舊。請問妻子應該怎麼辦?

答:你所說的這種情形很普遍,真正照《弟子規》做才能救世間,所以讓做妻子的把《弟子規》學會之後,先生就會受感動,這是一點都不假。佛法把宇宙人生事實真相講得頭頭是道,該怎麼做還是怎麼做,你們想原因在哪裡?根沒有了!學《弟子規》才真正會改變。你就勸勸她:「依照《弟子規》去學習,要百分之百的落實,妳自然能感動一家人。」

儒與佛的教學目標是人人上善,家家和樂,實現社會安定,世界太平,這是教育的效果。我們不在這上面認真下功夫,學經,就沒有深厚的善根,怎麼能成就?我們聽經,然而自己的說法、做法不改,不起作用!落實《弟子規》能起作用,從這裡下手。

  一切佛經都落實在十善業,而十善業是要先從落實《弟子規》開始,大家明白這個道理,就知道現在社會的病在哪裡,自己的病在哪裡,家庭的病在哪裡,怎麼樣去對治。21-267-0001