Kamis, 08 Mei 2014

Kehidupan 17




­­­Tanya Jawab Seputar Kehidupan 17

Pertanyaan :

Ajaran Buddha mengajarkan kita untuk tidak membunuh, bagaimana cara mengatasi nyamuk dan serangga kecil lainnya?

Master Chin Kung Menjawab :

Ini masalah yang serius. Buddha tidak hanya mengajari kita agar melindungi semua hewan, bahkan juga harus melindungi tumbuh-tumbuhan. Tanaman juga memiliki kehidupan, maka itu anggota Sangha yang suci tidak menginjak rerumputan. Rumput tumbuh dengan lincah, anda berjalan melewatinya, baginya ini juga merupakan penghinaan, juga tidak memiliki rasa hormat. Jika ada jalan beraspal, maka harus melalui jalan yang beraspal, kecuali tempat itu memang tidak ada jalan setapak yang bisa dilalui, satu-satunya pilihan adalah harus menginjak rerumputan, maka ini juga ada pengecualiannya.

Jaman dahulu para anggota Sangha tinggal di dalam gubuk di atas pegunungan, maka mereka akan menebang pohon untuk membangun pemondokan.  Tetapi tiga hari sebelum penebangan pohon, mereka akan terlebih dulu menyembahyanginya, memberi sesajian, kemudian membaca sutra, melafal mantra, lalu memberitahukan padanya, tiga hari lagi saya akan datang menebang pohon ini untuk dijadikan bahan bangunan, ini juga terpaksa. Pohon yang setinggi tubuh manusia, di dalamnya ada Dewa Pohon, harus mempersilahkannya pindah rumah. Kita boleh menggunakan perumpamaan ini.

Jika di rumah ada banyak semut dan serangga kecil lainnya, sebelum anda menyemprot cairan pembunuh serangga, atau sedang melakukan perbaikan rumah, maka tiga hari sebelumnya, jika di rumah ada memuja rupang Buddha, maka di hadapan Buddha dan Bodhisattva, memberitahu populasi serangga kecil ini agar mereka cepat pindah rumah. Setelah pemberitahuan jika masih belum juga pergi, maka tak berdaya. Ini sangat efektif!

Ada banyak praktisi yang memberitahuku, setelah mereka menggunakan cara ini, ternyata serangga-serangga itu tidak ada lagi, sungguh efektif! Dengan ketulusan penuh, bila ketulusan sudah mencapai batas maksimal maka mujizat pun terjadi, dengan ketulusan hati dapat terjalin dengan semua makhluk. Kita dapat terjalin dengan Buddha dan Bodhisattva, juga dapat terjalin dengan serangga-serangga kecil ini.

Dengan hati yang tulus memberitahu mereka, sungguh tak berdaya, ini juga terpaksa, demi melindungi kesehatan seluruh anggota keluargaku, maka itu sebaiknya kita berpisah saja, kalian di luar rumah saja, saya di dalam rumah. Begini cukup bagus! Jika tanpa pemberitahuan terlebih dulu, ini sungguh keterlaluan!


問:佛法說不殺生,請問對於蚊蠅等小蟲,應該如何處理?

答:這是很嚴肅的問題。佛不但教我們愛護一切動物,連植物都要愛護。植物也有生命,所以清淨比丘不踏青草。草長得很活潑,你從上面走過,對它也是侮辱,也是不恭敬。有路一定要走馬路,除非這地方沒有路,非從此地走過不可,這是有開緣的。

從前出家人住在山上蓋茅蓬,就地取材砍樹搭茅蓬。但是在砍樹的前三天,要去祭祀它、供養它,為它念經、念咒,告訴它,我三天之後要取這棵樹作材料,是不得已的。樹有一個人高,就有樹神,要請他搬家。

  我們可以用這個例子。家裡有這些蚊蟲、螞蟻小動物,你要噴殺蟲劑,或者整理房子時,三天之前,若家裡有佛像,就在佛菩薩面前,告訴這些小動物,請牠趕快搬家。通知你了,你不走,那沒有辦法。這很有效果!有許多同修這樣做之後來告訴我,果然這些小動物沒有了,真有效果!誠心誠意,誠則靈,誠心能與一切眾生感應道交。我們能和佛菩薩感應道交,也可以跟這些小動物感應道交。以真誠心告知,實在不得已,為保護一家人的健康,所以我們彼此分開,你在房子外面,我在房子裡面。這樣就很好!如果不預先通知,就太過分了。18-012