Kamis, 08 Mei 2014

Kehidupan 15


­­­Tanya Jawab Seputar Kehidupan 15

Pertanyaan :

Negeri Tiongkok dengan tegas menolak praktek Falun Gong, tetapi adikku sementara ini masih begitu terlena, saya sudah berkali-kali menasehatinya, bahkan memberinya buku “Buddha Dharma dan Kehidupan Manusia”, “Kitab Tai Shang” dan sebagainya, tapi dia tidak mempedulikannya, apa yang harus kuperbuat?

Master Chin Kung Menjawab :

Ini yang disebut dengan “aliran yang pertama kali dimasuki sebagai yang utama”, sehingga begitu melekat. Apakah dapat membantu orang begini untuk kembali ke jalan yang benar? Jawabannya adalah tentu saja, tetapi harus memiliki kebijaksanaan, cara dan kesabaran. Dia memiliki harga diri, pada umumnya dia akan menolak dengan kuat, anda harus berpikir dari sisi dirinya untuk membimbingnya kembali ke jalan yang benar.   

Kami juga bertemu dengan beberapa kasus dimana banyak praktisi Falun Gong yang kembali ke jalan yang benar, setelah kembali, mereka juga menjadi sangat baik. Maka itu, seharusnya menghormati harga dirinya, perlahan-lahan  mengubahnya.

Ada beberapa praktisi yang bijaksana, setiap hari di rumahnya mendengar video ceramah, keluarganya tidak mempedulikannya. Tetapi ketika anda sedang mendengar ceramah di sana, keluargamu juga ikut mendengarnya di samping, demi menjaga gengsi maka dia akan berkata : “Saya kan juga ingin berubah, juga ingin belajar”. Hingga suatu hari jalinan jodohnya telah masak, maka dia akan menampilkannya keluar.

Maka itu ada banyak cara yang pantas kita pertimbangkan dan pelajari, harus memiliki kesabaran untuk membantunya secara perlahan. Sesama keluarga tentunya ada rasa persaudaraan, saya yakin dengan ketulusan hati dan niat baik untuk membantunya, dia pasti akan kembali ke jalan yang benar.


問:中國對法輪功已定性,但我的弟弟目前還很痴迷,我多次勸告他,並給他《佛法與人生》、《太上感應篇》等書,他都不理,請問應該怎麼做?

答:這就是所謂「先入為主」,極端的執著。能否幫助這樣的人回頭?答案是肯定的,但要有智慧、有方法、有耐心。他有自尊心,多半是倔強好強,你要從側面想方法去誘導他回頭。

  我們也遇到一些個案,從法輪功回頭的人很多,轉回來之後都非常好。因此,應當尊重他的自尊心,慢慢去改變。有些同修有智慧,每天在家裡聽講經的錄相帶,家裡的人不理會他。但是你在那裡聽,他也在旁邊聽,為了面子起見,他不好意思說:「我要改變,我要來學習。」等到機緣成熟,他自然表態了。所以,有很多方式都值得我們參考學習,要有耐心慢慢的幫助他。家親眷屬總有一份親情在其中,我相信以真誠心、有善心去幫助,他會回頭的。21-090-0089