Jumat, 30 Mei 2014

Belajar Berceramah 05



­­­Tanya Jawab Seputar Belajar Berceramah 05

Pertanyaan :

Saya kuliah di Pure Land Learning College, sehari mendengar ceramah selama enam jam, waktu lainnya membaca Sutra Usia Tanpa Batas atau melafal Amituofo, masih harus mempelajari karya tulis Master Yin Guang, berapa waktu yang dibutuhkan sehari untuk membacanya?    

Master Chin Kung Menjawab :

Dalam membaca buku harus disesuaikan dengan kemampuan diri sendiri, namun dalam hal belajar harus menfokuskan diri pada satu pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan untuk jangka panjang, barulah anda dapat memperoleh manfaat.

Dua tahun belakangan ini kampus menitikberatkan pada pelajaran budi pekerti. Seluruh siswa harus dalam dua tahun ini mampu mengamalkan “Di Zi Gui”, “Buddhabhasita Dasabhadra Karmamarga Sutra” dan “Sutra Pertanyaan Ananda Kepada Buddha Tentang Baik dan Buruk”, tidak hanya mengerti teorinya, tetapi harus dapat diamalkan.

Bagi anggota Sangha harus dapat mengamalkan “Samanera Sila”, dan umat berkeluarga harus dapat mengamalkan Lima Sila dan Sepuluh Kebajikan. Materi pembelajaran ini tidak terlalu mendalam, ini adalah hal yang mendasar, semoga dalam kurun waktu dua tahun ini kalian semuanya dapat mengamalkannya.

Setelah memiliki landasan, barulah anda mempelajari ajaran sutra, membaca sutra, memilih salah satu, suka yang mana maka pilih yang mana, kemudian menfokuskan diri pada satu pintu Dharma, barulah pikiranmu tidak bercabang, jika belajar terlalu banyak perhatianmu akan terpencar, sehingga merusak sila, samadhi dan prajna dirimu. Menfokuskan diri pada satu pintu Dharma adalah mewujudkan sekaligus sila, samadhi dan prajna.

Masa sekarang pendidikan sekolah memasukkan semua mata pelajaran di dalam kurikulumnya, mengira dengan demikian maka semuanya bisa diketahui, akhirnya apapun tidak diketahui,  karena anak murid tidak bisa memusatkan perhatiannya untuk belajar, sehingga tidak berhasil menjadi trampil pada satu bidang tertentu.

Maka itu cara berpikir dan metode belajar yang digunakan orang Timur dan orang Barat berbeda secara keseluruhan. Pendidikan Timur memiliki pengalaman sejarah lima ribu tahun lamanya, tidak boleh meremehkannya. Andaikata dikatakan pendidikan dan kebudayaan tradisional Tiongkok hasilnya tidak memadai, bagaimana mungkin bisa diwariskan secara turun temurun selama lima ribu tahun lamanya? Kita harus tercerahkan akan kebenaran yang terkandung didalamnya.


問:目前參加學院聽經課程一天六小時,其他時間讀誦《無量壽經》或念佛,如此還要涉獵《印光大師文鈔》,請問一天應該花多少時間去閱讀?

答:閱讀是依自己的能力,但是學習還是必須一門深入,長時薰習,你才能夠得利益。學院的這兩年著重在倫理道德的教學。學生必須在兩年內能夠落實《弟子規》、《十善業道經》和《阿難問事佛吉凶經》,不只是明白它的理論,還得強調做到。出家同修要落實《沙彌律儀》,十條戒二十四門威儀;在家同學要落實五戒十善。這些課程的學習並不太深,這都是基礎的東西,希望你們在兩年的時間內真正做到。

  等有了基礎,你學經教,讀誦經典,就可以選一種,喜歡哪一種就選哪一種,這樣一門深入你才不會亂,否則學多了就會分心,把你的戒、定、慧三學破壞了。一門深入是戒、定、慧三學的一次完成,目標是根本智,根本智是無知,般若無知是根本智,後得智是無所不知,後得智是用。無知就是清淨心,就是禪定,定生慧,所以定是根本智。《金剛經》曰:「信心清淨,則生實相」,信心清淨是根本智,則生實相是後得智,後得智是無所不知。現在學校的學習是全部的課程都放在一起教,以為什麼都知道,結果是什麼都不知道,因為學生不能集中精神學習,就不能學到專精。所以,東方學習的心態及方法跟西方人完全不相同。東方教學有五千年的歷史經驗,不可以輕易將它否定。如果說中國文化傳統教學的效果不佳,如何能夠傳五千年?我們一定要領悟其中的道理。21-255-0001