Kamis, 15 Mei 2014

Masalah Terbesar 10


Tanya Jawab Seputar Masalah Terbesar Dalam Kehidupan Manusia 10

Pertanyaan :

Bagaimana mengurus seseorang yang sedang menghadapi saat-saat menjelang ajalnya? Apakah perlu ditutup dengan Selimut Dharani dan menaburkan Pasir Mantra?

Master Chin Kung Menjawab :

Mengenai cara mengurus seseorang yang sedang menghadapi saat menjelang ajalnya, praktisi senior jaman dulu telah menulis sebuah buku berjudul “Petunjuk Saat Menjelang Ajal“, buku ini ditulis dalam bahasa mandarin klasik, kemudian ada yang menulisnya kembali ke dalam bahasa mandarin modern, dan judulnya diubah jadi “Yang Patut Diketahui Saat Menjelang Ajal“.

Oleh karena sebagian orang tidak terlalu memahami apa yang dimaksud dengan kata “menjelang ajal”, kemudian saya mengubahnya judulnya menjadi “Bagaimana cara melafal Amituofo sehingga tak mundur lagi dari terlahir ke Alam Sukhavati Mencapai KeBuddhaan”.

Waktu dulu, ketika Pengurus Han meninggal dunia, kami pernah mencetak ulang sebanyak 10 ribu buku, bahkan bagian kalimat yang penting, saya memakai pulpen merah menggarisnya. Buku ini boleh menjadi bahan kajian buat kalian.

Mengenai menutup jenazah dengan Selimut Dharani dan menabur Pasir Mantra, ini tidak penting, yang penting adalah ketrampilan melatih diri sendiri. Jadi bukan dengan menutup jenazah dengan Selimut Dharani barulah bisa terlahir ke Alam Sukhavati, dan jika tidak menutup dengan Selimut Dharani, maka tidak bisa terlahir ke Alam Sukhavati, andaikata memang demikian teorinya, maka buat apa kita bersusah payah melatih diri? Kalau memang begitu teorinya maka kita buat saja banyak-banyak Selimut Dharani untuk dibagi-bagikan, sehingga semua orang bisa terlahir ke Alam Sukhavati.

Maka itu, Selimut Dharani dan Pasir Mantra bukanlah yang paling dibutuhkan, tetapi yang penting adalah melatih diri dengan benar sesuai dengan Buddha Dharma. Dan teori serta cara melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati, sudah tercantum di dalam “Sutra Usia Tanpa Batas”, bacalah dengan seksama maka dengan sendirinya akan memahaminya.


問:請問臨終時應如何處理?是否蓋往生被以及金剛光明沙等?

答:關於臨終的處理,古大德曾寫了一部《飭終津梁》,這本書是文言文寫的,以後有人將之寫成白話文,稱為《飭終須知》。因為一般人不太懂得「飭終」這兩個字,我就改了一個名稱為《怎樣念佛不退往生成佛》。過去韓館長往生時,我們曾經印了一萬本,而且裡面重要的部分,我都用紅筆畫出來。這本書,你們可以做參考。

  至於蓋往生被及光明沙,這並不重要,真正重要的是自己修持的功夫。絕對不是蓋往生被就能往生,不蓋就不能往生,若如此,我們又何必要修行?我們多做一些往生被來送,每一個人都能往生了。因此,往生被與光明沙是次要的,重要的是一定要如理如法的修學。而念佛往生的理論與方法都在《無量壽經》裡面,仔細去讀誦就會明瞭。21-090-0084