Kamis, 08 Mei 2014

Kehidupan 06



­­­Tanya Jawab Seputar Kehidupan  06

Pertanyaan :

Master Zhang Jia bilang sepanjang hidup guru (Master Chin Kung) adalah diatur oleh Buddha dan Bodhisattva, apakah kami orang awam juga adalah diatur oleh Buddha dan Bodhisattva?

Master Chin Kung Menjawab :

Pada jaman dulu ketika saya masih menjadi praktisi pemula, hidupku begitu susah. Di dalam Buddha Dharma selalu tercantum : “Sebelum roda Dharma berputar pikirkan makan terlebih dulu”. Tak peduli belajar atau melatih diri, kehidupan yang terjamin adalah syarat mendasar, jika hidup tidak terjamin maka tidak berdaya untuk belajar dengan tenang.

Maka itu, Master Zhang Jia menasehatiku, asalkan benar-benar demi Buddha Dharma, demi semua makhluk, dan bukan untuk diri sendiri, maka sepanjang hidup dilindungi para Buddha, Dewa, Naga dan makhluk halus yang bajik, baik dalam kondisi suka maupun duka adalah Buddha dan Bodhisattva yang mengaturnya.

Ini adalah melepaskan perencanaan pada kehidupan sendiri, takkan memikirkan diri sendiri, ini adalah yang diatur oleh Buddha dan Bodhisattva; jika kita masih membuat perencanaan, maka Buddha dan Bodhisattva juga tidak perlu mengkhawatirkan dirimu lagi. Jika anda sudah melepaskan semuanya, maka Buddha pasti harus menjaga dirimu.

Saya berpikir dalam waktu yang cukup lama, akhirnya saya memutuskan lebih baik tidak perlu merisaukan diri sendiri, biarlah Buddha saja yang risau, diri sendiri terus merisaukan juga terasa capek. Ini harus memiliki keyakinan penuh pada Buddha dan Bodhisattva, jika tidak memiliki keyakinan hati, maka sulit untuk mewujudkannya.

Hidup di dunia ini takkan demi diri sendiri, namun demi kepentingan Buddha Dharma, hidup demi semua makhluk, dengan demikian barulah memperoleh perlindungan dari Buddha, hidupmu barulah diatur oleh Buddha dan Bodhisattva, segalanya menuruti apa adanya, tiada sedikitpun memaksakan kehendak.

Jika sebagian orang yang juga ingin hidupnya diatur Buddha dan Bodhisattva, maka harus membangkitkan tekad. Jika tidak bertekad atau kurang teguh, tidak tulus, maka sepanjang hidupmu adalah diatur oleh kekuatan karma, yakni nasib yang mengaturnya.

Jika benar-benar sudah dapat memutar kekuatan karma menjadi kekuatan tekad, maka Buddha dan Bodhisattva akan menjaganya, Dewa, Naga serta makhluk halus yang baik memiliki tanggungjawab untuk melindungi dan mendukung dirimu.



問:章嘉大師說師父一生是佛菩薩安排的,請問我們凡夫是否也是佛菩薩安排的?

答:我早年學佛的時代,生活非常艱難。佛法常言:「法輪未轉食輪先。」無論求學或者求道,生活安定是先決條件,生活不安定就無法安心求學。所以,章嘉大師勸導我,只要真正為佛法、為眾生,而不是為自己,一生就有諸佛護念、龍天善神保佑,無論是順境、逆境都是佛菩薩安排的。這就是把自己計劃自己的生活放下,不再為自己去想,就是佛菩薩安排的;如果我們自己還要計劃,佛菩薩就不要操心了。你自己什麼都放下,他絕對要照顧。我想了很久,最後想還是不要自己操心,讓佛菩薩操心,自己操心挺累的。這要對佛菩薩有完全的信心,如果沒有信心,很難做到。《楞嚴經》云:「將此深心奉塵剎,是則名為報佛恩」,決定不再為自己,活在世間也是為佛法、為眾生活的,這樣才能真正得諸佛護念,你的生活才是佛菩薩替你安排的,一切都隨緣,沒有絲毫勉強。

  如果一般人也想讓佛菩薩安排自己的生活,一定要發心。如果不發心,或者發的不勇猛、不真誠,你的一生是業力安排的,就是世俗人講命運安排的。真正把業力轉變成願力,就是佛菩薩照顧,龍天善神有責任、有使命要守護你。21-090-0033