Kamis, 08 Mei 2014

Kehidupan 18



­­­Tanya Jawab Seputar Kehidupan 18

Pertanyaan :

Ibu rumahtangga setiap hari kerjanya memasak dan mencuci, bagaimana caranya agar tidak timbul kerisauan?

Master Chin Kung Menjawab :

Setiap hari melakukan pekerjaan yang sama, tentu saja akan merasa jenuh. Apalagi ibu rumah tangga, sepertinya selamanya tiada hari untuk terbebaskan, banyak orang yang merasa menderita.  Jika dapat memutar sudut pandang maka akan mengerjakannya dengan penuh suka cita. Orang awam selalu melekat pada “aku”, “aku sedang bekerja, aku sungguh menderita, mengapa harus aku yang bekerja buat mereka”, semakin berpikir semakin banyak   noda pikiran yang bermunculan. Jika melatih Jalan Bodhisattva, membangkitkan tekad agung menyelamatkan semua makhluk, maka cara berpikir dan sudut pandang akan jadi berbeda.

Dalam mengamalkan Jalan Bodhisattva, maka yang pertama harus melatih “Dana Paramita”.  Seorang Bodhisattva ibu rumahtangga di dalam rumah meladeni seluruh anggota keluarganya, inilah yang disebut Dana Paramita. Dana terdiri dari Amisa Dana, Dharma Dana dan Abhaya Dana. Amisa Dana atau dana materi terdiri dari dana materi luar dan dalam. Dana materi luar berupa penghasilan yang diperoleh di luar untuk memberi persembahan dan menghidupi sekeluarga.

Dana materi dalam adalah menggunakan tenaga sendiri dan kebijakan untuk memberi sumbangsih pada keluarga. Di dalam rumah dapat menampilkan tiga jenis dana dengan sempurna. Anda menyelesaikan semua pekerjaan rumah dengan rapi dan bersih, sehingga semua anggota keluarga dapat hidup dengan nyaman, sehingga tetangga jadi kagum, ini adalah “Sila Paramita”, mengamalkan sila adalah mematuhi peraturan. Asalkan anda dapat melakukannya dengan sabar, tidak merasa kelelahan, ini adalah “Ksanti Paramita”.

Setiap hari harus memperbaiki diri ke arah yang benar, semoga esok hari akan lebih baik daripada hari ini, ini adalah “Virya Paramita”. Meskipun setiap hari harus mengerjakan banyak pekerjaan rumah, hati tetap suci, takkan ternoda oleh kekotoran batin, ini adalah “Dhyana Paramita”. Di dalam hati yang suci senantiasa muncul kebijaksanaan, bersukacita dalam Dharma, ini adalah “Prajna Paramita”.

Maka itu tercerahkan bahwa ternyata Enam Paramita Bodhisattva juga dapat terlaksana dari menyeka meja, menyapu, mencuci baju, memasak, ini seperti yang tercantum di dalam Avatamsaka Sutra, Sudhana yang melakonkan peranan melatih Jalan Bodhisattva. Dengan menyelesaikan tugas rumah dengan baik, anda telah memberikan teladan ibu rumahtangga yang baik kepada seluruh ibu rumahtangga lainnya di dunia ini, teladan bagi semua keluarga lainnya.

Dengan demikian dapat turut menyelamatkan para tetangga, kemudian meluas hingga dapat mempengaruhi masyarakat, negara hingga mendunia, bahkan menembusi seluruh jagat raya dan memenuhi Dharmadhatu. Dengan demikian barulah diketahui Bodhisattva di rumah menyapu, menyeka meja, memasak, mencuci baju, ternyata Beliau juga sedang melakukan pekerjaan yang bisa menyelamatkan semua makhluk di seluruh jagat raya dan memenuhi Dharmadhatu.

Ini adalah meneladani Buddha, adalah pikiran benar. Jika dapat berpikir demikian, maka akan bersukacita dalam Dharma, bagaimana mungkin bisa timbul kerisauan lagi!

Buddha Dharma harus diterapkan dalam kehidupan keseharian; jika tidak diterapkan dalam kehidupan keseharian maka tiada gunanya. Jika dapat memahami poin ini, maka bekerja di kantor, juga adalah melatih Enam Paramita.

Bodhisattva ada di dalam tiap profesi dan bidang pekerjaan, menjelma dalam bentuk pria, wanita, tua dan muda, dalam aneka identitas, melatih diri adalah menunaikan kewajiban dalam kehidupan, seimbang tanpa diskriminasi, seluruhnya adalah yang pertama, takkan ada yang kedua.



問:家庭主婦天天燒飯、洗衣,請問如何才能不起煩惱心?

答:每天做同樣的工作,一定會覺得很厭煩。尤其是家庭主婦,好像永遠沒有解脫的一天,許多人都覺得苦惱。假如能將觀念轉變過來,就會做得非常快樂。凡夫觀念中執著有「我」,我在做,我好辛苦,我為什麼替他們做,愈想煩惱就愈多。若學菩薩道,發大誓願要普度眾生,想法、看法就不一樣了。

行菩薩道,第一要修「布施波羅蜜」。主婦菩薩在家庭裡為一家人服務,就是修布施波羅蜜。布施有財施、法施、無畏施三種。財施有內財、有外財。外財是指在外面賺錢,供養一家人生活。內財是用自己的體力、智慧為一家人服務。在家事裡做出圓滿的三種布施。妳將家事整理的井井有條、乾乾淨淨,使家人生活舒適,讓鄰居羨慕,這是「持戒波羅蜜」,持戒就是守法。你能有耐心的做,不疲不厭的做,即是「忍辱波羅蜜」。

每天還要改進,希望明天做得比今天更好,就是「精進波羅蜜」。雖然每天做很多家事,心地清淨,一塵不染,即是「禪定波羅蜜」。清淨心中常生智慧,法喜充滿,是「般若波羅蜜」。於是覺悟了,原來菩薩的六波羅蜜,即是從擦桌子、掃地、洗衣、煮飯圓圓滿滿的成就。這就是《華嚴經》上善財童子所表演的學菩薩行,修菩薩道。

妳將家事做好了,即是做世間所有主婦的榜樣,一切家庭的榜樣。這就能度鄰里,推展開就能影響社會、國家、世界,乃至盡虛空遍法界。這才曉得菩薩在家裡掃地、擦桌子、煮飯、洗衣,原來是在做度盡虛空遍法界一切眾生的大願大行。這是學佛、是正念、是諸法實相。若能如是觀,則法喜充滿,如何會起煩惱!

  佛法的修學一定要落實在生活中;不落實在生活中則沒用。若明白這一點,以此類推,在公司上班,也是修六波羅蜜。菩薩在各行各業,示現男女老少,各種不同的身分,修學即是本分生活,平等不二,皆是第一,沒有第二。18-014