Senin, 02 Juni 2014

Belajar Berceramah 16



­­­Tanya Jawab Seputar Belajar Berceramah 16

Pertanyaan :

Bagaimana caranya agar dalam belajar berceramah, dapat memberi manfaat bagi diri sendiri dan makhluk lain?

Master Chin Kung Menjawab :

Berceramah ada aturan tersendiri, pelajaran utama dalam “kelas bimbingan ceramah” kami, adalah belajar cara berceramah, di sini ada materi belajar, anda boleh mengambil satu berkas untuk dibawa pulang dan dipelajari. Namun dalam belajar tentu ada tahapan kesulitannya, tahapan kesulitannya ibarat membawa pasukan prajurit terjun ke medan perang, contohnya setelah anda membaca buku “Strategi Perang Sun Tzu”, apakah anda sanggup membawa pasukan prajurit terjun ke medan perang?

Maka itu latihan amatlah penting, apa yang disediakan oleh “kelas bimbingan ceramah” adalah latihan. Di sini anda benar-benar naik ke podium dan berceramah, menerima kritik dan saran dari rekan-rekanmu, membantumu memperbaiki kekuranganmu. Bila anda tidak memiliki kesempatan sedemikian, untuk belajar berceramah akan sangat sulit. Maka itu kelas bimbingan ceramah menyediakan lingkungan belajar dan kesempatan berceramah.


問:請問學講經如何才能自己成就又利他?

答:講經有講經的規矩,我們的培訓班第一堂課,就是學習講經的方法,這裡有錄相學習的資料,你可以請一份回去,依照這個學習。但是學習有一定的難度,這個難度與用兵打仗一樣,譬如你讀了《孫子兵法》之後,能否指揮軍隊打仗?所以,訓練很重要,培訓班提供的就是訓練。你在這裡實際上台講,接受所有同學的批評,幫助你改進缺點。你沒有這樣的機緣,學經就非常困難。所以,培訓班就是提供你一個學習的場所和機會。21-090-0080