Kamis, 26 Juni 2014

Pendidikan 06



­­­Tanya Jawab Seputar Pendidikan 06

Pertanyaan :

Bagaimana caranya agar dapat meraih keberhasilan dalam menyebarkan Hukum Karma dan ajaran budi pekerti Tiongkok?

Master Chin Kung Menjawab :

Ini adalah kebijaksanaan, kalangan Buddhisme menyebutnya sebagai upaya kausalya, orang Tiongkok menyebutnya sebagai dapat beradaptasi dalam segala keadaan, anda harus dapat memahaminya. Pendidikan budi pekerti Tiongkok harus disebarluaskan, masih harus dilengkapi dengan ajaran Hukum Sebab Akibat di dalamnya.

Masa kini orang percaya pada ilmu pengetahuan dan tidak percaya pada Hukum Karma, tetapi kenyataaan ini dapat kita baca di suratkabar, majalah, bahkan media sering memberitakannya, contohnya banyak sekali, tetapi sebagian orang menanggapinya dengan dingin, tidak memperhatikannya dengan serius, ini adalah kesalahan.

Masalah ini harus kita tanggapi dengan serius, mengapa demikian? Karena hal ini ada kaitannya dengan kita. Pelan-pelan menggalakkannya, mulailah dari diri kita sendiri. Kita percaya akan Hukum Karma, maka itu setiap niat pikiran yang timbul, ucapan dan tindakan harus dapat membatasi diri sendiri, sehingga mengurangi melakukan kesalahan, mengurangi kesempatan menjalin permusuhan dengan orang lain, dengan demikian baru bermanfaat bagi diri sendiri.

Manfaat utama, kita tidur dengan hati yang tenang, tiada rasa takut. Kita tidak mencelakai orang lain, orang lain juga takkan mencelakai kita, kita tidak mencelakai makhluk lain, maka makhluk lain juga takkan mencelakai kita, ini hal yang bagus!


問: 宣揚佛家因果教育與中國傳統教育,請問應如何運用,使其相輔相成?

答:這是智慧,佛家講的善巧方便,中國人講的通權達變,你要能夠明瞭。中國傳統教育要把它發揚光大,還要用因果教育來輔佐。現在人相信科技,不相信因果,但是因果這樁事情,我們在報紙、雜誌、媒體常常聽說,例子太多太多了,大家都對它很冷漠,都不重視,這是錯誤的。這些事情我們要很重視,為什麼?它與我們有密切關係。慢慢的來提倡,從我們自己本身做起。我們相信因果報應,所以起心動念、言語造作會約束自己,少做錯事,少跟人結怨,這樣才對自己有好處。第一個好處,我們睡覺心安,沒有恐懼。我們不害人,人家也不害我們;我們不害眾生,眾生也不害我,這就好!21-289-0001