Selasa, 01 Juli 2014

Vihara 05



­­­Tanya Jawab Seputar Vihara 05

Pertanyaan :

Vihara menerima persembahan tulus dari umat, jika ada barang persembahan yang tidak cocok dipakai, bagaimana cara menanganinya?

Master Chin Kung Menjawab :

Setiap bentuk persembahan dari umat adalah ungkapan ketulusan dari hati mereka, maka itu harus diterima dengan penuh sukacita, tidak boleh menolaknya, tidak boleh mengkritiknya. Seperti Buddha Sakyamuni semasa masih membabarkan Dharma di dunia ini, setiap hari Beliau keluar berpindapatra, kadang kala bertemu dengan pengemis, apa yang akan dipersembahkan oleh pengemis? Yakni sedikit sisa sayur dan nasi yang diperolehnya, mungkin sudah lewat dua atau tiga hari, rasanya juga sudah berubah, namun si pengemis tidak rela membuangnya. Inilah yang hanya dimilikinya, ketika si pengemis melihat Buddha datang, dia segera mempersembahkan makanan ini dengan penuh hormat, Buddha juga tidak mengeluh, melahap habis makanan tersebut di hadapannya, agar si pengemis merasa bersukacita dan menanam berkah buat dirinya.

Jika anda menolaknya, maka ini sudah salah, saat menolaknya hatimu telah ada tinggi dan rendah, sudah tidak setara, Buddha mengajari kita agar bersikap setara, hidup bersama dalam keharmonisan, ini sangat penting. Jika tidak setara, tidak ada Bodhicitta dan pikiran yang seimbang, hatimu tidak suci, anda sudah menciptakan karma buruk.

Mestinya tempat ini didatangi untuk menanam berkah, akhirnya tempat ini malah menjadi tempat untuk menciptakan karma buruk yang tak terhingga, sehingga kelahiran mendatang jatuh ke neraka; harusnya tempat ini mengantarkan anda ke Alam Sukhavati, bukannya menyuruh anda ke neraka. Tetapi bila anda salah menggunakan hati, maka akibat jatuh ke tiga alam penderitaan jadi tidak berdaya terhindarkan.

Orang lain berbaik hati, meskipun dia memberi barang yang rusak juga harus diterima, bolehkah dimakan? Kita bukan Buddha atau Bodhisattva, setelah mengkonsumsinya bisa jatuh sakit! Saat sakit harus dirawat orang lain, lagi-lagi merepotkan orang lain, maka itu boleh tidak dimakan, boleh dibuang ke tempat sampah.

Ini yang diajari oleh Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) kepada saya. Pasa masa itu Guru Li dalam menghadiri jamuan makan, sering membawaku serta, saya duduk di samping beliau. Tahu tersebut sudah mengerut dan rasanya juga sudah berubah, Guru Li mencium baunya kemudian dia bilang kepadaku bahwa tahu itu sudah tidak layak dikonsumsi.

Guru kami sangat maitri karuna, juga sangat mawas diri. Sebagai siswa Buddha harus memperhatikan higienis, tetapi kala umat datang memberi persembahan juga tak boleh ditolak, harus menerimanya dengan sukacita, berterimakasih atas budi kebajikannya. Setelah dia beranjak pergi barulah anda menangani pemberiannya, karena makanan yang sudah membusuk boleh diberikan kepada hewan.

Di Hongkong lebih sulit, sedangkan di Australia, burung liar amat banyak, bisa digunakan untuk memberi makan burung-burung, pencernaan hewan lebih bagus daripada manusia, jadi tidak masalah. Cara untuk menangani banyak sekali, tetapi di Hongkong sungguh tidak leluasa, maka kami akan membungkus makanan busuk ini dan membuangnya dengan penuh hormat ke tempat sampah.

Jika dibuang sembarangan maka ini menunjukkan kita tidak memiliki rasa hormat, tetapi kita membungkusnya dengan rapi, agar diangkut pergi oleh tukang sampah, ini sudah benar. Segalanya harus memakai hati yang penuh hormat, jika tidak memiliki rasa hormat maka akan menciptakan karma buruk, ini harus dipahami.



問:道場接受信眾虔誠供養,如有不適用,或難以處理的物品,請問應以何種態度接受?

答:凡是信徒來供養,都是他一片誠心,一定要歡喜接受,不能夠拒絕,不能夠批評。像世尊當年在世,他的生活是每天出去托缽,有的時候遇到乞丐,乞丐拿什麼供養?還不是自己討來的,討來一點人家剩飯剩菜,可能已經過了兩、三天了,味道都變了,他還捨不得丟。他就那麼一點點東西,佛來的時候他恭恭敬敬供養,佛不嫌棄,當著他的面吃完,讓他生歡喜心,讓他種福。如果你拒絕,這就錯了,拒絕的時候你的心就有高下,就不平等了,佛教我們平等對待,和睦相處,這個很重要。如果不是平等,沒有菩提心平等心,你的心就不清淨,不平等,你在佛門造罪業。本來到這個地方來是種福的,結果到這個地方來造了無量罪業,搞到來生得地獄果報,那你就錯了;這個地方是帶你到極樂世界,不是叫你下地獄的。可是你要是錯用了心,三途果報你沒有法子避免。

  人家一片好心,壞的東西我們都要接受,能不能吃?我們不是菩薩,不是佛,吃了會生病!生病還要人照顧、照料,又要麻煩很多人,所以可以不吃,可以把它當做垃圾處理。這個都是李老師以前教我的。老師那個時候參加一些宴會,常常帶我去,我就坐在他旁邊。豆腐餿了,味道變了,他聞了聞,他就碰我,敲敲我,這不能吃。我們老師很慈悲,很謹慎。佛教徒講求衛生,但是人家送來壞的東西不可以拒絕,一定要歡喜接受,感他這分情。他走了之後你再好好的把它處理,因為有些壞的東西可以給畜生。在香港比較困難,我們在澳洲,鳥獸很多,可以餵鳥,可以給這些小動物們吃,牠們消化功能比人好,沒有問題。處理的方法很多,如果像香港這個地方,一切都不方便,我們恭恭敬敬用塑膠袋包好,做垃圾處理,不能隨便扔掉。隨便處理,我們就沒有恭敬心,恭恭敬敬把它包得整整齊齊,讓收垃圾的人帶走,這就對了。一切要以恭敬心,沒有恭敬心就造罪業,這個要知道。21-289-0001