Rabu, 02 Juli 2014

Simbolisasi 04



­­­Tanya Jawab Seputar Simbolisasi 04

Pertanyaan :

Mengapa Fo Qi (kegiatan pelafalan Amituofo selama tujuh hari) diadakan selama tujuh hari, dan bukannya 8 hari atau 9 hari?

Master Chin Kung Menjawab :

Kalangan Buddhisme menggunakan angka tujuh untuk melambangkan kesempurnaan, kita selalu mengatakan enam penjuru yakni timur, selatan, barat, utara, atas dan bawah, sedangkan tujuh melambangkan kesempurnaan. Angka tujuh secara alamiah menunjukkan satu periode, tujuh hari adalah satu minggu, tujuh bulan juga adalah sebuah periode, tujuh tahun adalah sebuah periode besar, ini adalah siklus periode di dalam alamiah, maka itu angka tujuh melambangkan kesempurnaan.

Jika anda bertanya mengapa harus tujuh hari, dan bukan 8 atau 9 hari? Bila ditetapkan 8 hari, anda tentu akan bertanya lagi, mengapa bukan 7 atau 6 hari saja? Pertanyaan ini sungguh tak bermakna. Buddha menggunakan angka tujuh sebagai lambang kesempurnaan,  “Avatamsaka Sutra” menggunakan angka 10 untuk melambangkan kesempurnaan, Aliran Tantra menggunakan angka 21 untuk melambangkan kesempurnaan, angka 21 sangat mudah dipahami, yakni tiga kali tujuh, tiga kali tujuh menunjukkan masa lampau, sekarang dan yang akan datang, semuanya melambangkan makna kesempurnaan. Maka itu angka tujuh memiliki makna sebagai lambang, selain itu juga untuk menunjukkan periode siklus alamiah.


問:請問佛七為何是七天,而不是八天、九天?

答:佛家用數字代表圓滿,七是圓滿的數字。我們常講六方,即東、南、西、北、上、下、當中,所以七代表圓滿。七在大自然界裡面,它是個週期,七天是個週期,七個月是個週期,七年是個大週期,這是自然界裡面的循環週期,所以七代表圓滿。

  如果你要問為什麼一定要七天,而不是八天、九天?假如定了八天,你又問為什麼不是七天、六天?這個疑問就毫無意義了。佛用「七」代表圓滿,《華嚴經》用「十」代表圓滿,密宗用「二十一」代表圓滿,二十一很容易懂,是三個七,三個七是代表過去、現在、未來,統統代表大圓滿的意思。所以,它是表法的義趣,也適合於宇宙循環的週期。21-090-0084