Kamis, 10 Juli 2014

Sila 07



­­­Tanya Jawab Seputar Sila 07

Pertanyaan :

Saya telah mengambil Sila Bodhisattva, sekarang saya akan melepaskan kebiasaan membaca “Sutra Sila Bodhisattva”, pada setiap pertengahan dan akhir bulan lunar, beralih menjadi membaca “Sutra Usia Tanpa Batas”, “Amitabha Sutra” serta melafal Amituofo, apakah ini boleh dijalankan?

Master Chin Kung Menjawab :

Boleh, terhadap dirimu sendiri pasti akan membawa manfaat. Tetapi setiap bulan sekali atau setiap setengah bulan sekali anda membaca sila, ini ada baiknya. Mengapa demikian? Saat sekarang semua orang sudah melupakan sila, anda membacanya setiap setengah bulan sekali, sekalian untuk diperlihatkan kepada orang lain bahwa kami tak pernah melupakan sila.

Ini untuk menyelamatkan orang lain, ini adalah jerih payah Bodhisattva, saat kini semua orang telah mengabaikan sila, sedangkan kami masih sanggup mengamalkannya. Tak peduli paham atau tidak, tak peduli sanggup dijalankan  atau tidak, namun penampilannya masih ada, anda masih dapat mempertahankan bentuk serupa ini adalah sungguh sulit. Namun ketrampilan melatih diri yang sejati ada pada membaca sutra dan melafal Amituofo.



問:我曾受持菩薩戒,現放棄每個月中和月尾誦「菩薩戒經」的習慣,改為讀誦《無量壽經》、《阿彌陀經》和持名念阿彌陀佛的聖號,請問是否可行?

答:可行,對你自己決定得利益。但是你每個月誦一次戒,或每半月誦一次戒,這個有好處。為什麼?現在大家把戒律都忘記了,你每半個月誦一次,誦給人家看,我們沒有忘記戒律。這是度他,這是菩薩的苦心,現在大家都捨棄了,我們還能夠保持。不管懂不懂,不管做不做得到,樣子還在,你能保持這個樣子就很難得。但真正功夫在誦經,在念佛。21-246-0001