Selasa, 27 Mei 2014

Sebab Akibat 08



­­­Tanya Jawab Seputar Sebab Akibat 08

Pertanyaan :

Saat kini di pintu Ajaran Buddha terdapat begitu banyak praktisi yang melakukan pelanggaran sila, saat beda pendapat maka akan mencari alasan untuk menyerang orang lain, ini bukan hanya tidak bisa memperindah tanah suci para Buddha, malah akan membuat keyakinan para praktisi lainnya menjadi mundur, bahkan masyarakat luas juga jadi bersikap ironis pada Ajaran Buddha. Sesepuh berkata : “Lebih baik mengacaukan aliran air ribuan sungai, namun takkan menggerakkan hati sang praktisi”, tindakan sedemikian bagaimana akibatnya?

Master Chin Kung Menjawab :

Cobalah anda baca Sutra Bodhisattva Sila maka akan jelas. Tidak yakin pada Buddha maka bukanlah siswa Buddha, setelah ditabhiskan dan mengambil sila, tetapi masih melakukan pelanggaran, maka akibatnya sudah bisa dibayangkan. Tetapi kita juga tidak perlu menfitnah dan mengkritiknya, “Pemikiran berbeda maka lebih baik berjalan sendiri-sendiri saja, kita bisa menjauhinya.

Pengaruh dan kekuasaannya besar, vihara kita serahkan saja kepadanya, di dunia ini pasti ada tempat untuk berpijak. Buddha akan melindungi praktisi sejati, Dewa Naga Pelindung Dharma juga akan memberi perlindungan, jalan takkan buntu. Kehidupan susah sedikit tak perlu dikhawatirkan, dengan penderitaan menempa diri, barulah ada keberhasilan.
  

問:今天佛門內有少數同修違背了戒律,橫生見解,甚至藉口攻擊排遣他人,這非但不能莊嚴佛淨土,而是動搖了同修們的信心,甚至招致世人對佛教的諷刺。古德說「寧攪千江水,不動道人心」,請問這樣做有何因果責任?

答:你去看菩薩戒經就清楚了。不信佛,就不是佛弟子,剃頭出家受了戒,還造這些罪業,果報就可想而知。可是我們也不必去毀謗他,也不必去批判他,「道不同,不相為謀」,我們可以遠離。他的勢力大,我們道場就讓給他,這個天下決定會有容身之處。佛會護念真正修道人,龍天善神也會保佑,絕對不會走投無路。生活清苦一點不要怕,用苦難來磨鍊自己,才會有成就。21-090-0074