Kamis, 08 Mei 2014

Kehidupan 16



­­­Tanya Jawab Seputar Kehidupan 16

Pertanyaan :

Hidup pada masa kini dimana persaingan ekonomi dan pasar yang sangat ketat, bagaimana cara untuk membimbing anak muda dalam berkarir dan belajar Ajaran Buddha?

Master Chin Kung Menjawab :

Dalam belajar Ajaran Buddha, apa yang ingin kita peroleh? Apa tujuan dari belajar Ajaran Buddha? Bila kedua pertanyaan ini telah dipahami dengan jelas, maka masalah anda sudah selesai. Tujuan dari belajar Ajaran Buddha adalah untuk memperoleh kebijaksanaan yang sesungguhnya, segala permasalahan di dunia ini hanya dapat diselesaikan dengan prajna (kebijaksanaan), tanpa prajna tidak mungkin bisa menyelesaikan permasalahan.

Dimana letak tujuan dari belajar Ajaran Buddha? Yakni memahami kebenaran dari kehidupan manusia di alam semesta. Dengan memiliki prajna dan memahami kebenaran, barulah dapat mengerti cara untuk mengejar ekonomi dan pasar, mengejar kekayaan materi. Darimana datangnya kekayaan? Jika anda tidak tahu sumbernya, mengejarnya secara membabi buta takkan memperolehnya.

Di dalam sutra Buddha ada diajarkan cara untuk menjadi kaya, seperti banyak konglomerat di dunia ini dikarenakan pada kelahiran lampaunya, mereka ada menaburkan benih untuk jadi kaya, sehingga pada kelahiran ini memperoleh buahnya. Di dunia ini tidak ada kejadian yang muncul mendadak tanpa sebab, juga tidak ada hal yang sungguh kebetulan. Ide tentang “memanfaatkan kesempatan” juga hal yang tidak mungkin, bagaimana mungkin, jika dimungkinkan, maka semua kebenaran dan Hukum Karma yang dibabarkan Buddha sudah boleh diabaikan.

Hari ini harta berlimpah yang didambakan semua orang, kepintaran, kesehatan dan usia panjang, jika anda dapat melatih diri menuruti petunjuk dan cara yang tercantum di dalam sutra, maka anda akan memperoleh tiga keinginan tersebut, “Di dalam pintu Buddha, segala permohonan pasti terkabulkan”! Anak muda jika dapat memahami bahwa ternyata belajar Buddha Dharma begitu banyak manfaatnya, maka dengan sendirinya mereka akan datang untuk belajar Ajaran Buddha.

Saya sendiri pada usia 26 tahun mulai belajar Buddha Dharma, saat itu saya merasa amat menyesal karena sekarang baru mulai belajar sudah sangat terlambat. Ini adalah jodoh, saat muda tidak ada yang memperkenalkan Ajaran Buddha kepada saya, andaikata ada yang memperkenalkan padaku lebih awal, tentunya prestasiku akan jauh berbeda.

Kini anak-anak muda tidak bisa menerima Ajaran Buddha, karena telah disesatkan oleh sebagian kelompok dalam masyarakat, menganggap Buddha Dharma adalah pesimis, takhayul, ini telah menjadi sebuah rintangan dalam mendekati Buddha Dharma, makanya harus menjelaskan terlebih dulu agar mereka bisa memahami Buddha Dharma.



問:現今處於競爭的經濟市場社會,請問應如何教導年輕人工作與學佛?

答:學佛求的是什麼?學佛的目的何在?如果把這兩個問題搞清楚,你的問題就解決了。學佛是求究竟真實圓滿的智慧,世出世間一切事只有智慧能解決,離開智慧不能解決問題。學佛的目的何在?了解宇宙人生的真相。你有智慧,了解真相,才懂得如何追求市場經濟、追求財富。財富從何而來?你要是不知道原理,盲目的去追求是求不到的。佛經裡有教導發財之道,像今天世界上有很多富有的國家,很多發大財的人,這是前世修因,這一世得的果報。天下沒有偶然之事,世出世法裡面絕對沒有投機取巧。機會主義是不可能的,如果可能,佛在一切經裡所講的道理與因果,就可以全部推翻了。

今天一切人所希求的是財富、聰明智慧、健康長壽,如果你能依照經典的理論、方法去修學,這三者都能得到,「佛氏門中,有求必應」!年輕人要是真正了解佛法有這麼多好處,自自然然就來學佛了。

  我二十六歲接觸佛法,當時我就感到很遺憾,我學佛太晚了。這是緣,年輕時沒有人把佛法介紹給我,要是有人提早介紹給我,我今天學佛的成就就不一樣了。現在年輕人不能接受佛法,是受社會一般群眾的誤導,認為佛法是消極的、迷信的,這是造成親近佛法的一個障礙,所以一定要讓年輕人真正懂得什麼是佛法。21-090-0089