Sabtu, 17 Mei 2014

Masalah Terbesar 35



­­­Tanya Jawab Seputar Masalah Terbesar Dalam Kehidupan Manusia 35

Pertanyaan :

Saat upacara pemakaman, keluarga dan kerabat mengantar karangan bunga, mengundang grup drum band, memberi sesajian daging dan arak, sama sekali tidak bisa memberi manfaat pada almarhum. Praktisi lainnya mengusulkan agar mengubah tradisi pemakaman serupa ini, menasehati agar keluarga dan kerabat lainnya jangan mengantar karangan bunga, sebaiknya melafal Amituofo, bervegetarian, tidak membunuh, membentuk sebuah barisan yang menggalakan pelafalan Amituofo dalam tradisi upacara pemakaman.

Di mobil jenazah seharusnya juga diletakkan rupang Buddha Amitabha, serta mesin pelafal Amituofo yang berkumandang terus menerus, ada orang yang memegang Dhvaja bertuliskan Amituofo, setiap orang mengalungkan badge yang bertulis Namo Amituofo. Barisan ini berjalan dengan rapi di jalanan, melalui dusun-dusun, kami yakin sepanjang perjalanan pasti akan ada banyak makhluk yang telah tertanam benih vajra ini. Apakah tindakan ini diperbolehkan?

Master Chin Kung Menjawab :

Boleh, sangat bagus sekali.


問: 出殯時,親戚朋友送花圈,樂隊奏歌曲,殺生大擺酒席,是不能使亡人得利益。蓮友們提議要改變這種傳統的出殯方式,動員親戚朋友不要送花圈,要念佛、吃素、不殺生,組成一支念佛出殯的隊伍。車背站著阿彌陀佛接引像,車內音響播放阿彌陀佛佛號,由人拿著繡阿彌陀佛名號的幡幢,每個人胸前掛著刻有南無阿彌陀佛的徽章。這一支隊伍,整整齊齊經過大街、經過村莊,想必沿途會為很多眾生種下金剛不壞種子。請問這樣做可以嗎?

答:可以,很好,非常好。21-272-0001