Minggu, 11 Mei 2014

Kehidupan 37



­­­Tanya Jawab Seputar Kehidupan 37

Pertanyaan :

Apakah boleh menikah dengan seorang suami yang sudah beristri? Tetapi andaikata hendak menikah, pria itu terlebih dulu harus bercerai dengan istrinya, apakah hal ini merupakan dosa yang berat?

Master Chin Kung Menjawab :

Sebaiknya anda menghindari hal ini, masyarakat sekarang sungguh kacau, kejadian serupa ini sangat banyak sekali, suami istri tidak harmonis, rumahtangga tidak harmonis, sebaiknya anda jangan ikut campur, jangan menambah lagi ketidakharmonisan orang lain. Seorang siswa Buddha haruslah menjadi teladan yang baik bagi masyarakat, jangan malah memberi contoh yang salah kepada masyarakat.

Anda boleh sering membaca buah pena Master Yin Guang, di dalamnya ada jawabannya, kebenaran yang diungkapkan beliau sangat mendalam dan luas, juga sangat sempurna. Jika pasangan itu sendiri yang hendak bercerai, itu juga adalah urusan mereka, tetapi jika perceraian ini karena kamu, maka anda telah berdosa.

Harus menggunakan akal sehat, jangan pakai perasaan. Terutama bagi yang bertekad lahir ke Alam Sukhavati, harus menempatkan tekad ini sebagai urusan yang utama sepanjang hidup. Dunia ini sudah terlalu menderita, baik yang kaya maupun miskin sama-sama sengsara, pejabat negara dan para konglomerat juga sangat menderita, tidak ada insan yang tidak menderita, buat apa masih mencari penderitaan lagi untuk dipikul diri sendiri?

Mengapa anda dan dia tidak mau melepaskan kemelekatan saja? Setelah melepaskan kemelekatan, jiwa raga terasa bebas, jika anda dapat melepaskan, maka berikanlah teladan padanya agar dia juga dapat melepaskan kemelekatan, bukankah dengan demikian kalian berdua dapat terselamatkan?

Jangan lagi bersama dalam hubungan terlarang, ini adalah kekotoran batin. Meskipun  pada kehidupan lampau ada berjodoh, maka berharap agar pada kehidupan ini jalinan asmara ini dapat berubah menjadi jalinan jodoh Dharma, ini barulah benar-benar dapat menyelesaikan masalah.


問: 請問和有婦之夫結婚可以嗎?但如果我要和他結婚,他一定要先離婚,請問這樣的罪業深不深?

答:這件事情最好是避免,現在的社會是亂世,這種事情非常之多,夫妻不和、家庭不和,我們最好不要插上一腳,不要再造成他們家庭的不和。佛弟子在世間一定要做社會的好樣子,若是做社會的負面榜樣就錯了。你可以多看印光大師《文鈔》,裡面有這些答覆,他說的理很深廣,也說得很圓。如果他們自己願意離婚是他自己的事情,若因為妳而離婚,妳就有罪過。

  要用理智,不要用感情。尤其是想求西方極樂世界,要將此當作一生中第一件大事。這個世界太苦了,富貴貧賤都苦,國家領導人或擁有億萬家財的也苦得不得了,沒有一人不苦,何必自己還要找苦頭吃,為什麼不一起放下?放下之後,身心自在,妳能放下,放給他看,讓對方也能放下,妳們不是彼此都得度?不要為這個事再糾纏在一起,這是煩惱。縱然過去世有緣,希望把這個情緣轉變成法緣,這才真正能解決問題。21-247-0001