Selasa, 27 Mei 2014

Sebab Akibat 10



­­­Tanya Jawab Seputar Sebab Akibat 10

Pertanyaan :

Sewaktu kuliah di fakultas kedokteran, demi membuktikan efektifitas dari sejenis obat, contohnya kemampuan adrenalin terhadap penyusutan sel Myocardial, reaksi yang terlihat di electro-cardiogram, dalam eksperimen dengan menggunakan seekor anjing besar, perlahan menambah dosis obat hingga akhirnya si anjing menderita kejang-kejang dan mati.  

Dalam tahapan eksperimen ini yang telah menjadi kelinci percobaan diantaranya ada tikus putih, babi Henan, anjing dan sebagainya, untuk menyempurnakan pengetahuan kedokteran kami. Apakah dengan demikian kami telah melanggar sila pembunuhan, kelak akibat apa yang akan kami terima?

Master Chin Kung Menjawab :

Ini telah melanggar sila pembunuhan. Hukum Karma pasti berlaku, akibatnya sungguh tak terhindarkan.

Jalan yang ditempuh oleh ilmu pengobatan tradisional Tiongkok berbeda secara keseluruhan dengan ilmu kedokteran barat, ilmu kedokteran Tiongkok tidak pernah menggunakan hewan sebagai bahan percobaan. Apakah ilmu pengobatan Tiongkok efektif atau tidak, saat kini masih dalam tahap uji coba, uji coba apa yang sedang dilakukan? Yakni pasien yang menderita penyakit yang tidak bisa disembuhkan oleh ilmu kedokteran barat, ilmu pengobatan Tiongkok berhasil menyembuhkannya, contohnya seperti pasien penderita kanker.

Ilmu pengobatan Tiongkok mengandalkan “mengamati, mendengar, menanyakan kondisi pasien, menyentuh denyut nadi pasien, tidak perlu melakukan eksperimen, tetapi berdasarkan pengalaman dan pengetahuan.

“Pengamatan” adalah mengamati muka pasien, maka akan mengetahui penyakit yang anda derita; “mendengar” adalah mendengar suara anda, mengamati gerakan anda maka sudah mengerti. Hal ini tidak bisa dikatakan tidak sesuai dengan ilmu pengetahuan, ini adalah pengalaman.

Contohnya orang yang suka balap mobil, setelah melewati kurun waktu lama, dari pengalamannya dia bisa mengetahui, begitu mesin dihidupkan, dengan mendengar suaranya, dia akan mengetahui kemampuan mobil tersebut. Jika ada masalah dengan mobil, dia juga tahu dimana letak masalah mobil tersebut, tidak perlu eksperimen, sudah berpengalaman.

Ilmu pengobatan Tiongkok telah memiliki sejarah selama kurang lebih lima ribu tahun lamanya, sayangnya orang masa kini tidak percaya, bahkan orang Tiongkok sendiri juga tak percaya, terhadap bangsa sendiri telah kehilangan keyakinan, ini adalah kondisi yang sangat memprihatinkan.



問:我在學醫時,為了證明一種藥物的作用,譬如腎上腺素對於心肌細胞收縮的功能,在心電圖上的反應,而將活生生的大狗,逐漸在加強藥力下抽筋而死。在許多的課程中,用白鼠、河南豬、狗等動物的生命,來成就我們醫學的知識。請問這是否犯了殺戒,將來會承當什麼樣的因果?

答:這是犯了殺戒。因果決定是有,報應決定不能夠避免。

中國的醫學與西洋的醫學走的路子完全不同,中國醫學從來不用動物做試驗。中國醫學有沒有效果,現在還在實驗的階段,做什麼樣的實驗?就是西醫治不好的病人,中醫能把他救活,就像癌症病者。中醫憑著「望、聞、問、切」,不需要做實驗,而是憑經驗,憑知識。「望」是看這個人的氣色,曉得你有什麼病;「聞」是聽你說話的聲音,觀察你的動作就明瞭。這件事情不能說不合科學,這是經驗。譬如喜歡玩汽車的人,時間久了,他從經驗當中得知,馬達一發動,一聽聲音,他就曉得這個車子的性能。如果車子有毛病,他也曉得毛病在什麼地方,無需要做實驗,經驗太豐富了。

  中國的醫學至少有五千年的歷史,非常可惜的是現在人不相信,連中國人自己都不相信,對於自己的民族自信心喪失了,這是非常可悲的現象。21-090-0085