Senin, 12 Mei 2014

Kehidupan 48



­­­Tanya Jawab Seputar Kehidupan 48

Pertanyaan :

Di pinggir jalanan negeri Tiongkok ada begitu banyak orang tak waras, tidak memiliki pakaian, rambutnya panjang sekali, saya ingin membantu menggunting rambut dan memakaikan pakaiannya, apakah ini termasuk memaksakan kehendak?

Master Chin Kung Menjawab :

Hal demikian, saya tidak tahu apakah di negeri Tiongkok ada peraturan sedemikian atau tidak, sedangkan di Amerika, kami juga pernah melihat pengemis dan tidak berani mendekatinya. Karena dia bisa saja menuduhmu, mengatakan bahwa anda menyerangnya, dan meminta ganti rugi, ini sungguh mengerikan.

Maka itu jika bertemu dengan kejadian demikian, anda ingin membantunya, jika di Amerika caranya adalah melapor kepada polisi, agar polisi yang mengurusnya, membantunya, sementara kita sendiri sebaiknya jangan membantunya; mengenai peraturan hukum di negeri Tiongkok, saya tidak tahu sama sekali.

Bertemu dengan kejadian sedemikian, sebaiknya biarkan polisi dan yayasan amal yang mengurusnya. Yang tidak terlihat oleh mereka, kita boleh membantu menyampaikannya, semoga mereka dapat mengulurkan tangan memberi bantuan, ini adalah cara yang benar.



問: 大陸街邊有很多神經病者,沒衣服穿,頭髮很長,我想去幫助他們剪髮、穿衣,這樣算不算攀緣?

答:這些事情,我不知道中國的法律有沒有這個規定,在美國,我們遇到這個不敢碰他。因為他有可能賴著你,說你侵犯他,要求你賠償,那可真麻煩。所以遇到這類事情,你想幫助他,在美國的辦法是報警,由警察來處理、協助他,我們自己最好不要幫他;中國大陸的法律我就不知道了。遇到這個事情,最好能夠由警察以及慈善機構處理。他們沒有看到的,我們可以轉告,希望他們出面來幫助,這是正確的方法。21-268-0001