Rabu, 11 Juni 2014

Pendidikan 01



­­­Tanya Jawab Seputar Pendidikan 01

Pertanyaan :

Pureland Learning Association melatih para bakat penceramah, apakah setiap insan yang ingin belajar maka akan dibantu dengan segenap kemampuan?

Master Chin Kung Menjawab :

Masalah ini harus ditanyakan langsung kepada ketua yayasan dan ketua panitia penyelenggara. Saya hanya mengemban tugas memberi pelajaran, tidak turut campur dalam urusan pendaftaran murid, hanya hadir untuk mengajar dan selesai itu membubarkan diri. Maka itu, pertanyaan anda saya tidak bisa mencampurinya, jika saya menyetujuinya berarti saya telah ikut campur, ini merupakan kesalahan.

Manusia hendaknya mengetahui kewajiban dasarnya, barulah dapat hidup berdampingan secara harmonis dengan semua orang. Mengetahui kewajiban diri sendiri, dalam pekerjaan, maka dapat mengerahkan segenap kemampuan untuk menyelesaikannya, saling bekerjasama dengan yang lainnya, sehingga organisasi dapat berkembang dengan sehat.

Seperti sebuah sekolah, kepala sekolah memiliki tanggungjawabnya sendiri, koordinator pengajar memiliki kewajibannya masing-masing, bagian kedisiplinan memiliki tugasnya tersendiri, bagian administrasi juga memiliki tugasnya, demikian juga dengan tenaga pengajar memiliki bidang tugasnya masing-masing. Saya hanya berusaha melaksanakan pekerjaanku dengan sempurna, dengan semua orang dapat bekerjasama dengan baik.


問:淨宗學會培養弘法人才,請問是否任何人願意來學習,我們都盡心幫助?

答:這件事情要問淨宗學會的會長,要問培訓班的主任。我是當教員的,不負責挑選學生,只是來上課,下課就離開了。所以,你的問題不是我的事情,我要是答覆就逾權了,就有過失。

  人最重要的是知道本分,與大眾就能和睦相處。知道自己的身分、工作,就能盡到自己的本分,這樣互相配合,這個團體就非常健全。像一個學校,校長有校長的本分職責,管教務有教務的職責,管訓導有訓導的職責,管總務有總務的職責,教員有教員的職責。我只要把自己的本分工作做得圓滿,與大家就能配合得很好。21-090-0082