Selasa, 20 Mei 2014

Melepaskan Satwa 02



­­­Tanya Jawab Seputar Melepaskan Satwa Ke Alam Bebas 02

Pertanyaan :

Apa bedanya melindungi kehidupan dan melepaskan satwa ke alam bebas?

Master Chin Kung Menjawab :

“Melindungi kehidupan” adalah menyayangi dan melindungi makhluk hidup, dalam keseharian memperlakukan mereka dengan setara, hidup bersama dengan harmonis. Dasar untuk menjalin keharmonisan dalam kehidupan bersama adalah memperlakukan semuanya dengan adil dan merata, jika tidak bisa memperlakukan semuanya dengan seimbang maka keharmonisan hanyalah goresan tinta di atas kertas putih.

Hari ini bumi kita ini, banyak negara, suku, agama tidak memperoleh perlakuan yang adil dan merata, maka itu dunia ini selamanya tidak bisa diliputi perdamaian. Kapankah dunia baru bisa diliputi perdamaian? Setelah semua manusia dapat tercerahkan, memperlakukan sesama manusia dengan adil dan merata, demikian juga dalam memperlakukan hewan maupun tumbuhan, maka perdamaian sudah diterapkan.

“Melepaskan satwa ke alam bebas”, yakni melihat jika ada hewan yang hendak dibunuh, saat itu harus memikirkan cara untuk membeli mereka untuk dilepaskan, tetapi juga harus melihat kondisi terlebih dulu, andaikata sesudah dibeli masih bisa hidup, maka kita harus menolongnya; sebaliknya jika sesudah dibeli tidak bisa hidup lagi, maka tidak perlu membelinya, kita melafal Amituofo, membaca sutra, melafal Sukhavati Vyuha Mantra melimpahkan jasa kebajikan kepadanya untuk mendoakannya.
 “Melepaskan satwa ke alam bebas” adalah saat makhluk hidup tersebut dalam kondisi genting, kita harus segera menolongnya.



問:請問護生與放生有何不同?

答:「護生」就是愛護眾生,在日常生活當中與牠們平等對待、和睦相處。和睦相處的根本原因在平等對待,不能平等對待,和睦就談不上。今天我們這個地球,許多國家、種族、宗教不平等,所以世界永遠不會有和平。什麼時候世界有真正的和平?大家都覺悟了,人與人之間應當平等對待,人與一切動物要平等對待,人與一切植物要平等對待,和平就落實了。

「放生」,就是看到小動物將被殺害,這時應當設法把牠買下來。但我們要斟酌情形,如果買下來放生,牠能活,我們要救牠;如果買下來放生,牠也活不了,這就不必了,我們就念佛、誦經、念往生咒為牠迴向,給牠祝福。

  所以,「護生」是本,「放生」是末,本末一定要清楚。放生是眾生有急難時,我們趕緊幫助牠。古德講:「救人一命,勝造七級浮屠。」所以,我們一定要救護急難的眾生。21-090-0087