Sabtu, 17 Mei 2014

Kesehatan 04



­­­Tanya Jawab Seputar Kesehatan 04

Pertanyaan :

Ayahbunda telah lanjut usia dan sakit-sakitan, bagaimana caranya membantu mereka melafal Amituofo, membaca sutra, untuk mengeliminasi rintangan karma?

Master Chin Kung Menjawab :

Sebaiknya pada masa begini dapat menceritakan sedikit kisah Hukum Karma kepada mereka, menginspirasi mereka, agar mereka dapat ikut belajar Ajaran Buddha, menasehatinya agar belajar Buddha Dharma, ikut belajar bersama dengan kita, maka manfaat yang akan dia peroleh jadi besar; jika dia tidak sudi belajar, hanya anda sendiri yang membaca sutra dan melimpahkan jasa kepadanya, kekuatannya tidak besar.

Tetapi andaikata dia sendiri yang melatih diri, maka kekuatannya akan sangat besar, di dalam Ksitigarbha Sutra diceritakan tentang Putri Brahmana dan Putri  Jyotinetra yang benar-benar melatih diri. Putri Brahmana melafal nama Buddha hanya sehari semalam saja, langsung memperoleh pikiran terfokus tak tergoyahkan dan menjadi Bodhisattva, sehingga dapat memasuki samadhi dan berkeliling neraka, Raja Setan bertemu dengannya menyapanya sebagai Bodhisattva.

Putri Brahmana dapat mencapai pikiran terfokus tak tergoyahkan karena ibundanya jatuh ke neraka, barulah dia begitu giat melatih diri, barulah begitu serius mencapai keberhasilan; ini adalah karena jalinan jodoh ibunda sehingga dia bisa berhasil, inilah alasannya sehingga ibundanya terselamatkan dan terlahir ke surga.
Sedangkan Putri Jyotinetra (salah satu jelmaan Bodhisattva Ksitigarbha), ketrampilan melatih dirinya masih satu tingkatan dibawah, hanya memperoleh ketrampilan melatih diri, dia bermimpi Buddha datang memberitahukannya, ibundanya telah meninggalkan neraka dan kembali ke alam manusia, terlahir di keluarganya menjadi anak dari pembantu, pada usia 13 tahun kehidupannya berakhir; ibundanya memohon agar Jyotinetra membantunya lagi.

Maka kita tahu bahwa ketrampilan melatih diri Putri Jyotinetra belum sampai pikiran terfokus tak tergoyahkan, sedangkan Putri Brahmana telah mencapai pikiran terfokus tak tergoyahkan, ketrampilan melafal nama Buddha tidak sama, maka itu jika diri sendiri yang melatih diri, ketrampilan melatih diri semakin sempurna, tingkatan yang dicapai juga semakin tinggi, manfaat yang diperoleh sanak keluarga juga semakin besar.

Jika sanak keluarga juga dapat ikut serta melatih diri, maka ini lebih bagus lagi. Kebenaran ini harus dipahami agar tahu bagaimana cara membantu orang lain.



問: 父母老年殘疾,請問應該怎樣代他們念佛、誦經、消業障?

答:這個最好要講一些因果的故事給他聽,啟發他,希望他能夠學佛,勸他學佛,跟我們自己一起修學,他得的利益就大;如果他不肯學,你單是誦經迴向給他,力量不大。但如果你真正修行,力量就很大,《地藏經》上婆羅門女、光目女,那才是真修。婆羅門女念佛只有一天一夜,就得一心不亂成了菩薩,就能在定中參觀地獄,鬼王見到她稱她菩薩。她得一心不亂是因為母親墮地獄,所以她才發奮,才認真修成;這是母親的因緣促使她成就的,是這麼個道理,所以她母親得度生天。

  光目女功夫差一點,只到功夫成片,她是在夢中見到佛來跟她講,她母親離開地獄又到人間來,生在她家成為婢女的小孩,十三歲壽命就到了;她母親求她再幫助。那我們就曉得光目女功夫沒有到一心不亂,婆羅門女到一心不亂,念佛功夫不一樣,所以我們自己修行,功夫愈殊勝,你證的果位愈高,家親眷屬得的利益愈大。如果能跟著一起修,那就更殊勝。這些理事我們都要懂得,才知道怎樣去幫助別人。21-252-0001