Jumat, 30 Mei 2014

Belajar Berceramah 06



­­­Tanya Jawab Seputar Belajar Berceramah 06

Pertanyaan :

Seorang penceramah harus bersikap rendah hati atau sebaiknya percaya diri saja?

Master Chin Kung Menjawab :

Rendah hati dan percaya diri adalah satu kesatuan dan bukan terpisah, harus percaya diri, tetapi lebih harus rendah hati, barulah anda bisa maju. Bila anda berceramah dan kurang rendah hati, dengan perkataan lain, tidak ada orang lain yang berani memberimu kritik, tidak ada orang yang memberimu saran, para pendengar yang berada di bawah pentas hanya bisa menertawakanmu, selamanya anda tidak bisa maju. Maka itu harus bersikap rendah hati menerima bimbingan dari orang banyak, barulah mereka bersukacita membantumu.

Kaisar Tang Tai-zong adalah kaisar Tiongkok yang hebat, semua orang boleh mengkritiknya secara langsung, beliau mampu menahan tekanan ini. Tentu saja ada juga kritikan yang tidak betul, tetapi kaisar juga tidak menghukumnya, apa alasannya? Tang Tai-zong berharap agar semua orang berani bicara di hadapannya, jika ada yang sempat dihukum, maka selanjutnya tidak ada lagi yang berani berbicara di hadapannya, ini adalah tepat. Maka itu harus percaya diri tapi harus lebih lagi rendah hati.



問:請問講經的人是要謙虛,還是要自信?

答:謙虛與自信是一不是二,要自信,更要謙虛,你才會有進步。你講經不夠謙虛,換言之,沒有人批評你,沒有人指教你,別人在旁邊聽,只是笑話你而已,你永遠不會進步。所以,要虛心接受大眾的指導,才有人喜歡幫助你。

  唐太宗是中國了不起的帝王,任何人在他面前都可以批評他,他有這個雅量。當然,也有人說得不對,但皇帝也沒有制止他,這是什麼理由?唐太宗是希望任何人在他面前都敢講話,若制止了,以後就沒有人敢在他面前說話,這是正確的。所以,要自信更要謙虛。21-090-0071