Minggu, 11 Mei 2014

Kehidupan 40



­­­Tanya Jawab Seputar Kehidupan 40

Pertanyaan :

Di dalam Ajaran Buddha tidak ada ramalan nasib, tetapi apakah dalam perjodohan pria dan wanita perlu terlebih dulu melihat garis tangan? Apakah dalam pernikahan juga perlu mencari hari baik?

Master Chin Kung Menjawab :

Ini adalah adat istiadat. Buddha sering berkata, “ Buddha Dharma berada di dunia ini, tidak merusak kebudayaan dunia”, ini merupakan penghormatan pada kebudayaan dunia, anda berada di tempat mana, suku mana, maka ikuti kebudayaan dan adat istiadat setempat, ini adalah penghormatan pada kebudayaan mereka.

 (Mantan) Wakil presiden Indonesia Hamzah Haz, ketika menikahkan putrinya dan meminang menantu perempuan pada satu hari yang sama, mengundang saya ke Surabaya untuk menghadiri upacara tersebut. Dia merupakan ketua umum dari salah satu partai Islam yang besar. Orang Tiongkok dalam merayakan pesta biasanya menggunakan amplop merah, mereka menggunakan warna hijau, pakaian resmi mereka juga berwarna hijau, upacara adat yang mereka gunakan adalah Adat Jawa.  

Ini sesuai dengan yang Buddha ajarkan pada kita yakni “tidak merusak kebudayaan dunia”, dengan menyesuaikan diri dengan penduduk setempat, mereka juga merasa bersukacita.


問: 佛教不相面、算卦,男女談對象需不需要看手相?結婚選日子重要與否?

答:這些都隨俗。世尊常說,「佛法在世間,不壞世間法」,這是對世間法的尊重,你是屬於哪個地區、哪個族群,你就隨這個地方的風俗,這是對他們文化的尊重。印度尼西亞副總統候選人哈茲,他嫁女兒、娶媳婦同一天,邀請我去泗水參加他們的慶典。他是個回教領袖,是回教最大的一個派別,回教領袖。我們中國人喜事都是用紅色的,他們用綠色的,禮服全是綠色的,儀式是用爪哇的風俗。這就符合佛教給我們的「不壞世間法」,這樣子與這個地區的人打交道,他才會歡喜。21-253-0001