Kamis, 22 Mei 2014

Vegetarian 06



­­­Tanya Jawab Seputar Vegetarian 06

Pertanyaan :

Telur di peternakan yang sudah dipisahkan dari induknya dan tidak dierami lagi, tidak dapat membuahkan anak ayam, mengkonsumsi telur sejenis ini tidak termasuk pembunuhan. Tetapi ketika Hongkong diserang flu burung, sehingga harus memusnahkan jutaan ekor ayam, apakah dengan demikian masih amankah mengkonsumsi telur peternakan?  

Master Chin Kung Menjawab :

Telur di peternakan yang sudah dipisahkan dari induknya dan tidak dierami lagi memang boleh dikonsumsi, serupa dengan minum susu sapi, ini tidak terkategori pembunuhan.

Dan mengenai flu burung yang menyerang Hongkong sehingga jutaan ekor ayam harus dimusnahkan, ini juga merupakan pembalasan karma. Ayam-ayam yang terserang penyakit ini, telur yang dihasilkan apakah aman atau tidak untuk dikonsumsi, ini harus melalui penelitian laboratorium baru bisa diketahui, maka itu makanan harus dicermati dengan seksama.

Manusia masa kini sungguh kasihan, sampai-sampai sayuran dan beras juga ada pestisidanya, sama sekali tidak sehat. Sedangkan para petani di dusun, beras dan sayur yang mereka makan sendiri dan yang untuk dijual ke luar, adalah tidak sama. Mereka tahu melindungi diri sendiri, tetapi tidak tahu melindungi kesehatan masyarakat dan orang banyak, ini juga ada Hukum Karmanya.
Semua perbuatan yang mencelakai orang lain demi menguntungkan diri sendiri, akibatnya sungguh tak menyenangkan, di depan mata mungkin akan memperoleh sedikit keuntungan, namun akibatnya tak terduga olehnya. Sebagai praktisi Ajaran Buddha, pikiran kita lebih jernih, harus yakin pada Hukum Karma, menaati Ajaran Buddha, perbuatan yang merugikan orang lain demi menguntungkan diri sendiri takkan boleh dilakukan.

Sebaliknya hal yang merugikan diri sendiri demi menguntungkan orang lain boleh dilakukan, meskipun kita harus terluka dan sakit hati, bahkan sampai harus mengorbankan nyawa sekalipun, kelak kita akan terlahir di alam bahagia, di Negeri Buddha.

Maka itu kita takkan melakukan perbuatan yang merugikan orang lain demi menguntungkan diri sendiri, jika tidak demikian, maka akibatnya adalah jatuh ke tiga alam penderitaan, ini adalah moha.


問:農場的雞蛋不是受精卵,不能孵化成小雞,吃這種雞蛋不算是殺生。但是香港遭到禽流感,數以百萬計的雞隻被屠殺,請問如果再吃農場蛋是否安全?

答:如果是農場雞生的蛋,確實沒有交配過,這個蛋可以吃,就像喝牛奶一樣,這不算殺生。

而香港的禽流感導致幾百萬的雞被屠殺,也是業報。這些有病的雞,生出來的蛋是不是安全,這要經過化驗才曉得,所以吃東西要特別小心謹慎。現在人很可憐,連蔬菜和米都有農藥,都不健康。而鄉下農民自己吃的米、菜,與賣出去的都不一樣。他知道保護自己,但不知道保護社會大眾的健康,這也有業因果報。

  凡是做損人利己的事情,果報都不善,眼前可能得一點小利益,後果他沒想到。我們學佛的人頭腦比較冷靜,要深信因果,順從佛陀教誨,損人利己的事情決定不能做。損己利人的事情可以做,縱然我們遇到傷害,甚至於肉體死亡,我們來生會生到好地方,會生到佛國,會生到天界。所以,我們決定不可做損人利己之事,否則果報在三途,這是愚痴。21-090-0085