Minggu, 29 Juni 2014

Kebaktian Pagi Dan Sore 07



­­­Tanya Jawab Seputar Kebaktian Pagi Dan Sore 07

Pertanyaan :

Master, anda selalu menganjurkan bahwa membaca sutra sebaiknya menfokuskan diri pada satu macam sutra saja, apakah ini menunjukkan bahwa sutra lainnya tidak perlu dipahami? Contohnya mendengar ceramah kaset dengan judul lain.

Master Chin Kung Menjawab :

Mendengar ceramah bisa membantumu mengembangkan kebijaksanaan, anda boleh mendengarnya, tetapi tak perlu membacanya, juga tak perlu mendalaminya, menyerap semampunya saja, sebaiknya mengerahkan segenap perhatian untuk melafal Amituofo.

Tetapi dengan menfokuskan diri pada satu macam sutra saja, akan mudah memperoleh samadhi, jika membaca terlalu banyak memang ada rintangannya. Jika pencerahan sudah tercapai barulah tidak masalah lagi, jika pencerahan belum tercapai maka harus dengan melatih samadhi sebagai tujuan utama.

Setelah mencapai pencerahan, maka “bertekad mempelajari pintu Dharma yang tak terhingga”, sedikit hambatan juga takkan ada sama sekali; praktisi yang belum mencapai pencerahan, haruslah memulai dari satu macam sutra hingga memperoleh samadhi dan mencapai pencerahan, ini adalah cara yang diturunkan oleh para guru sesepuh, sungguh efektif.

Dengan menfokuskan diri pada satu sutra, terserah anda mau pilih sutra yang mana saja juga bisa memperoleh samadhi, “pintu Dharma setara, tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah”. Tetapi jika anda baca beragam jenis, pasti perhatianmu akan terpencar dan bercabang, terhadap pencapaian samadhi jadi ada hambatan.


問:法師提倡誦經,專誦一經就夠了,請問是否表示其他經亦不必求理解?例如聽講其他經的錄音帶。

答:聽講經可以幫助你開智慧,你可以聽,不必讀誦,也不必求深解,懂多少算多少,全心全力念佛就好。但是誦經專誦一部容易得定,念太多確實有障礙。如果開悟之後就沒有關係,沒有開悟一定要以修定為主。開悟之後,「法門無量誓願學」,一點障礙都沒有;沒有開悟的人,要從一部經上得定、開悟,這是祖祖相傳的老方法,很有效果。專誦一經,隨便你誦哪一部經都能得定,「法門平等,無有高下」。可是你涉獵太多,決定分心,對於修定就產生障礙。21-080-0001