Selasa, 20 Mei 2014

Melepaskan Satwa 03




­­­Tanya Jawab Seputar Melepaskan Satwa Ke Alam Bebas 03

Pertanyaan :

Apakah melindungi kehidupan dan melepaskan satwa ke alam bebas adalah demi memperoleh jasa kebajikan?

Master Chin Kung Menjawab :

Andaikata demi memperoleh jasa kebajikan maka melindungi kehidupan dan melepaskan satwa ke alam bebas, ini bukan hal yang bagus, karena tidak ada jasa kebajikan maka dia tidak sudi melakukannya. Sebenarnya ada atau tidak jasa kebajikannya? Saya katakan pada praktisi sekalian bahwa ini tidak ada jasa kebajikannya. Apakah dengan demikian maka usaha ini sia-sia saja?

Tidak sia-sia, karena ada berkah kebajikan. Berkah kebajikan dan jasa kebajikan tidaklah sama, demi memperoleh jasa kebajikan barulah berbuat kebajikan maka hanya bisa memperoleh berkah kebajikan saja, pasti ada hasil perbuatannya, menanam benih kebajikan pasti mendapat buah akibat yang baik.

Bagaimana cara mengubah berkah kebajikan menjadi jasa kebajikan? Anda melakukan semua perbuatan ini tidak mengharapkan balasan, ini barulah jasa kebajikan, jika ada yang diharapkan maka ini adalah berkah kebajikan. Tidak mengharapkan balasan adalah melakukannya dengan kesungguhan hati, dengan hati suci dan seimbang melakukannya, ini adalah termasuk jasa kebajikan.

Jika ada pamrihnya maka anda masih memohon berkah, usia panjang, kepintaran dan kebijaksanaan, anda melakukan kebajikan ini adalah untuk memenuhi niat hatimu.

Kalangan Buddhisme mengatakan:“Di dalam pintu Buddha, semua permohonan pasti terkabulkan”, kebenarannya ada di sini. Maka itu, bila anda melakukannya dengan mengharapkan pamrih juga bagus, tetapi jika dapat melakukannya dengan tidak mengharapkan pamrih maka ini akan lebih bagus lagi, ini barulah termasuk jasa kebajikan.


問:請問護生和放生是否為了求功德?

答:如果求做功德去護生、放生,未嘗不是好事,因為沒有功德,他就不肯做。到底有沒有功德?給諸位說,沒有功德。是不是白做?沒有白做,因為有福德。福德與功德不一樣,為求功德而做是屬於福德,決定有果報,種善因一定得善果。如何能將福德變成功德?你做這些事情無所求,這才是功德,有所希求是福德。無所求是真心做,是清淨心、平等心在做,這屬於功德。有所求,你還求福、求壽、求聰明智慧,你做這些事情能滿你的心願,佛家講:「佛氏門中,有求必應」,就是這個道理。所以,有求的心去做也好,一切無求心做就更好,那才是屬於功德。21-090-0087