Sabtu, 28 Juni 2014

Kebaktian Pagi Dan Sore 04



­­­Tanya Jawab Seputar Kebaktian Pagi Dan Sore 04

Pertanyaan :

Saya melakukan kebaktian pagi dan sore dengan membaca “Sutra Usia Tanpa Batas” dan melafal Amituofo, masing-masing memerlukan waktu satu jam. Sekarang saya ingin memperbanyak melafal Amituofo, apakah boleh mengubahnya jadi membaca “Amitabha Sutra” saja?

Master Chin Kung Menjawab :

Boleh mengubahnya jadi membaca “Amitabha Sutra”, “Amitabha Sutra” lebih pendek, sehingga waktu untuk melafal Amituofo akan jadi lebih panjang. Praktisi sekalian harus memahami makna dari membaca sutra itu terletak dimana, terhadap praktisi pemula, membaca sutra lebih penting daripada melafal Amituofo. Mengapa demikian? Terlebih dulu memahami kebenaran mengapa kita harus melafal Amituofo, setelah jelas akan kebenaran ini, maka sutra boleh tidak perlu dibaca. Membaca sutra adalah membantu 
“keyakinan dan pemahaman”, sedangkan melafal Amituofo adalah membantu “pengamalan”, pengamalan itu sangat penting sekali! Tetapi jika pengamalan tidak disertai pemahaman, masih ada keraguan, maka harus membaca sutra, harus dari sutra memutuskan kesesatan membuka pencerahan, membangun keyakinan hati.


Kita melihat para lansia yang tidak mengenal aksara, mereka sama sekali belum pernah mendengar ceramah Dharma, mengajari mereka melafal sepatah “Namo Amituofo”, setelah melafalnya beberapa tahun, ternyata bisa mengetahui terlebih dulu waktunya terlahir ke Alam Sukhavati, meninggal dunia dalam posisi berdiri. Apa arti semua ini? Dia telah yakin, tidak ada keraguan. Jika serupa ini maka tak perlu baca sutra; jika masih ada keraguan, keyakinan hati yang tidak teguh, maka perlu membaca sutra.



問:我的早晚課念《無量壽經》及佛號,各需一小時。現在我想多念佛號,請問可否改誦《阿彌陀經》?

答:可以改誦《阿彌陀經》,《阿彌陀經》比較短,你念佛號的時間就會比較長。諸位必需要了解念經的用意何在,對初學人來講,念經比念佛號重要。為什麼?先明理為何要念佛號,先把道理搞清楚,經就可以不要念了。念經是幫助「信解」,念佛號是幫助「行」,行很重要!但是行要是不解,還有懷疑,就非讀經不可,必須在經典裡破迷開悟,建立信心。

  我們看到一些不認識字的老太婆、老阿公,他從來沒有聽過經,教他念這句「南無阿彌陀佛」,他念了幾年,居然能預知時至,站著往生。這是什麼道理?他相信,沒有懷疑。這樣就可以不要讀經了;如果有懷疑,信心還不堅固,不讀經不行。21-090-0068