Senin, 12 Mei 2014

Kehidupan 46



­­­Tanya Jawab Seputar Kehidupan 46

Pertanyaan :

Suamiku memelihara simpanan di luar, terlena terus dan tidak mau sadar-sadar, apa yang harus kulakukan sebagai seorang istri yang telah belajar Ajaran Buddha?

Master Chin Kung Menjawab :

Biarkan saja, dia sudah ada yang mengurusnya, anda sudah boleh tidak perlu mengurusnya lagi, sekarang anda tidak memiliki tugas lagi, jadi sudah bisa menfokuskan diri melafal Amituofo!  Dengan demikian anda senang dia juga ikut senang, semuanya merasa senang.

Seorang praktisi seharusnya bersikap demikian, lihatlah Buddha Sakyamuni melepaskan segalanya, anda mengaku belajar Buddha Dharma, tapi hal begini saja tidak sanggup dilepaskan, tampaknya Alam Sukhavati juga tidak bisa dicapai. Jika setiap hari merasa kesal karena hal ini, maka anda akan menghadapi masalah besar.

Orang yang tidak bisa berlapang hati, sering memendam amarah di hati, terhadap jiwa raganya akan menciptakan rintangan yang sangat berat, ini adalah rintangan Mara, suamimu dan kekasihnya adalah rintangan Mara; jika anda sanggup melepaskan semuanya, maka mereka adalah Bodhisattva; sesungguhnya itu adalah Mara atau Buddha, bukan terletak pada orangnya, tetapi ada pada sebersit niat pikiran diri sendiri.

Sebersit niat tercerahkan, maka mereka adalah Buddha yang datang untuk membantu mewujudkan kesucian hatimu; jika sebersit niatmu tidak sanggup berlapang hati, maka mereka adalah Mara. Maka itu ucapan Buddha sungguh bagus, tidak ada Buddha dan tidak ada Mara, Buddha dan Mara ada di dalam perubahan pikiran kita, sebersit niat tercerahkan, tidak ada satupun yang bukan merupakan Buddha; sebaliknya sebersit niat tersesat, semuanya adalah Mara.


問: 丈夫養情人,且執迷不悟,請問學佛的太太如何做才如法?

答:隨他去,他有人照顧了,妳可以不必再照顧他,現在妳什麼事都沒有了,就可以好好念佛!這樣妳也歡喜,他也歡喜,大家都歡喜。學佛人真的是這樣的,你看釋迦牟尼佛把什麼都放下,妳學佛連這個都放不下,可見得西方極樂世界也去不了。如果天天為這個受氣,妳的麻煩就大了。人看不開,心裡常常受氣,對於身心都造成嚴重障礙,那就是魔障,妳的先生和他的情人都是妳的魔障;如果妳統統都放下,那他們是菩薩;到底是魔、是佛,不在別人,在自己一念。自己一念覺悟,他們是佛來幫助妳的,成就妳的清淨心;妳一念看不開,那他們是魔。所以佛講得好,無佛亦無魔,佛與魔都取決於自己念頭轉變,一念覺,沒有一個不是佛;一念迷,統統是魔。21-268-0001