Jumat, 16 Mei 2014

Masalah Terbesar 27



­­­Tanya Jawab Seputar Masalah Terbesar Dalam Kehidupan Manusia 27

Pertanyaan :

Saat seseorang meninggal dunia, harus memakai pakaian yang bagaimana agar lebih sesuai?

Master Chin Kung Menjawab :

Jika almarhum adalah praktisi Ajaran Buddha maka boleh mengikuti tata cara dalam Ajaran Buddha, saat hendak dimasukkan ke dalam peti mati, sebaiknya mengenakan Hai Qing (jubah hitam yang biasanya dikenakan dalam kebaktian Mahayana), memakai tasbih, begitu sudah cukup bagus.

Ini adalah masalah budaya, hanya orang masa kini yang akan mengajukan pertanyaan sedemikian, masa dulu hal ini takkan jadi masalah, karena dalam kebudayaan Tiongkok ada tata cara yang bisa diikuti.

Kita mengamatinya dari perkembangan sejarah, berdirinya sebuah dinasti baru, yakni bertahtanya seorang kaisar baru, dalam memerintah negeri tersebut, sebagian besar takkan melewati lima tahun, pasti akan melakukan penyempurnaan di bidang seni budaya dan seni musik, ini seperti yang disebut dengan “menyempurnakan seni budaya dan seni musik”, “dengan budaya dan musik memerintah seluruh negeri”, agar masyarakat luas di dalam menjalani kehidupan keseharian memiliki tata cara yang bisa diandalkan.

Tetapi sejak Republik Tiongkok berdiri hingga kini, tidak ada regulasi di bidang seni budaya dan seni musik, sungguh disesalkan! Di bidang seni musik hanya ada satu perkembangan saja yakni lagu kemerdekaan. Dan mengenai seni budaya hanya diterapkan di dalam pasukan tentaranya, para tentara masih mempertahankan budaya, sedangkan segi lainnya sudah tak terlihat.

Dari segi perkembangan sejarah, setelah negara mengambil alih pemerintahan dan tidak ada menyempurnakan seni musik dan seni budaya, maka itu disebut dunia yang kacau. Sejak Republik Tiongkok berdiri hingga sekarang tidak ada regulasi di bidang seni budaya tata cara pengurusan duka, maka itu untuk urusan duka pakaian apa yang lebih sesuai dikenakan, ini sulit dijawab.

Karena itu, kenakan saja pakaian yang anda suka. Saat kini di masyarakat masih ada tradisi memakai lencana bakti (yang dipeniti di lengan baju), ini adalah budaya dari Dinasti Qing, ini sudah ketinggalan jaman; ada juga yang memakai tradisi modern.

Maka itu, jika bukan menggunakan tradisi lama maka menggunakan tradisi modern, ini karena diri sendiri tidak memiliki seni budaya dan seni musik. Di bidang seni musik juga serupa, lagu sentimentil atau lagu cengeng adalah berasal dari luar negeri, bukan milik sendiri, ini adalah fenomena yang memprihatinkan.


問: 人過世的時候,請問要穿什麼樣的衣服比較恰當?

答:如果是學佛的同修就可以依照佛教的儀規,大殮的時候最好能穿海青、戴念珠,這樣就很好。

這是禮俗上的問題,只有現代人才會提出來問,在過去這不成問題,因為中國習俗都有禮制可遵守。我們從歷史去觀察,一個朝代的成立,就是帝王取得政權之後,統治這個國家,一般不超過五年,一定建立典章制度,所謂是「制禮作樂」,「禮樂治天下」,讓社會廣大的群眾在生活上有所依循。但民國成立至今,沒有制禮作樂,很遺憾!樂章只有一個國歌。而講禮大概只有軍隊、軍人還保持著禮節,其他的都見不到了。

  就歷史而論,如果國家建立政權之後,沒有禮樂、典章制度,就稱之為亂世。民國至今沒有制喪禮,所以喪禮穿的衣服哪一種比較合適,就很難回答了。因此,你喜歡穿什麼衣服,就穿什麼衣服。現在在民間,許多人還披麻戴孝,披麻戴孝是清朝之禮,這是過時了;也有人用西洋的禮。所以,不是用過去的,就是用外國的,這是自己本身沒有禮樂。樂章也是如此,哀樂都是採取外國的,自己沒有,這是很悲哀的現象。24-007-0003