Sabtu, 24 Mei 2014

Tata Cara 14



­­­Tanya Jawab Seputar Tata Cara 14

Pertanyaan :

Seorang diri melafal Amituofo di rumah, melakukan pradaksina, apakah harus mengenakan pakaian biasa atau harus memakai jubah Haiqing? Saat membaca sutra, melafal Amituofo, tiba-tiba batuk atau bersin-bersin, bagaimana? Bagaimana pula jika dupa yang sudah padam, apa  perlu disambung? Apakah ini akan menganggu konsentrasi?

Master Chin Kung Menjawab :

Ketika sedang melakukan kebaktian, sebaiknya anda terfokus pada kebaktian, banyak hal yang tidak perlu dipedulikan, jika dupa sudah padam tak perlu disambung lagi, maka konsentrasi anda tak terganggu.

Dalam kebaktian umum, akan ada orang yang bertugas di bagian dupa dan lilin, dia yang akan mengurusi hal ini, maka itu semua peserta kebaktian dapat berkonsentrasi.

Sedangkan bila kita melatih diri sendirian, sebatang dupa jika sudah habis dinyalakan, maka boleh tak perlu disambung lagi, setelah kebaktian yang kita lakukan selesai, barulah anda menyalakan sebatang lagi, ini juga boleh, tidak menyambung menyalakan lagi juga boleh. Saat tempat pendupaan padam juga jangan dipedulikan.


問:一個人在家念佛、繞佛,請問穿普通衣服還是必須穿海青?念經、念佛時遇到咳嗽或打噴嚏,怎麼辦?添香或防檀香爐熄滅,算不算分心?

答:你在做功課的時候一心專注在功課,這些事情都不需要去理會,香點完了不需要再續,你就不分心了。大眾在一塊共修,專門有香燈師管這個事情,所以大眾不分心。我們個人修的時候,一支香點完之後可以不再續,我們全部功課做完之後,你再點一支也可以,不點也可以。檀香爐熄滅的時候都不要去理它。21-269-0001