Sabtu, 17 Mei 2014

Kesehatan 03



­­­Tanya Jawab Seputar Kesehatan 03

Pertanyaan :

Saya adalah seorang mahasiswa kedokteran bagian penelitian, dalam keseharian melihat banyak para hewan yang terkorban karena keperluan eksperimen di dalam dunia kedokteran, sehingga menimbulkan rasa bersalah dalam hati. Apakah tindakan mengorbankan para hewan ini demi kesehatan manusia, bertentangan dengan Ajaran Buddha?

Master Chin Kung Menjawab :

Memang benar bertentangan dengan Ajaran Buddha. Sebagian besar orang yang berkarir dalam bidang ini, berapa banyak dari mereka yang juga memiliki perasaan bersalah seperti anda, setelah banyak membunuh, diri sendiri merasa amat bersedih, kondisi ini memang ada.

Dengan mengorbankan para hewan ini, apakah benar-benar bisa membantu dunia kedokteran? Sangat sulit dikatakan. Di Taiwan ada dipublikasikan sebuah buku yang berjudul “Suara Dari Alam”, di dalam buku ini diceritakan tentang penduduk asli Australia, suku Aborigin, bagaimana cara mereka menyembuhkan penyakit, sungguh bernilai untuk dikaji.

Meskipun cara ini masih kuno, namun sangat efektif! Ini tidak memerlukan peralatan medis, bahkan metode penyembuhan ini diwariskan turun temurun dalam suku mereka, bernilai sejarah ribuan bahkan puluhan ribu tahun lamanya. Ilmu pengobatan Tiongkok paling sedikit juga memiliki sejarah lima ribu tahun lamanya, juga tidak ada menyembelih hewan untuk dijadikan eksperimen, namun ilmu pengobatan mereka maju pesat, sungguh bernilai untuk dipertimbangkan.


問:我是一名醫學研究所人員,平日看見許多動物因醫學試驗的需要而犧牲,而產生惻隱之心。請問犧牲動物而換來人類的健康行為,是否有違佛教教義?

答:這確實是違背佛教教義。許多從事於這個行業的人,不少人有你這樣的心態,殺多了,自己非常難過,這種情形是有的。

  犧牲這些動物,是否對醫學真有幫助?非常難說。台灣出版一本《曠野的聲音》,這本書裡面寫著澳洲土著對於病患治療的一些方法,非常值得參考。那種方法雖然古老,確實有效!它不需要這些醫療的器材,而且這個方法在他們土著是代代相傳,總有千萬年的歷史。中國的中醫至少也有五千年以上的歷史,也沒有採用動物來做實驗,而且醫術都非常高明,值得去研究。21-090-0078