Selasa, 01 Juli 2014

Simbolisasi 02



­­­Tanya Jawab Seputar Simbolisasi 02

Pertanyaan :

Ada seorang anggota Sangha yang bilang bahwa, jika tidak menyalakan dupa berarti tidak memiliki hati maitri karuna dan persembahan. Apapun boleh dihemat, tetapi uang beli dupa tidak boleh dihemat. Mohon ceramahnya.

Master Chin Kung Menjawab :

Menyalakan dupa barulah memiliki hati maitri karuna, sedangkan orang yang tidak menyalakan dupa tidak memiliki hati maitri karuna, menurutku ini belum tentu. Diantara seluruh perlengkapan persembahan, menurutku segelas air jernih adalah yang paling penting. Air melambangkan hati yang suci, hati seimbang, dengan adanya hati yang suci dan seimbang barulah muncul hati maitri karuna, ini sangat penting!

Kita memuja Rupang Buddha di rumah, apalagi saat kini di apartemen, dengan luas yang terbatas, jika menyalakan banyak dupa, akan mengakibatkan pencemaran udara, maka itu ketika melaksanakan kebaktian pagi dan sore cukup menyalakan sebatang saja. Harus memahami keadaan lingkungan hunian saat kini, di dalam ruangan yang begitu sempit, tidak sesuai untuk menyalakan banyak dupa, jika menyalakan terlalu banyak, asap dupa akan mencemari hingga ke rumah tetangga.

Mempersembahkan air jernih adalah sangat penting, saat melihat air akan terpikir : “Saya harus menggunakan hati yang suci, hati yang seimbang dalam menangani masalah, memperlakukan manusia dan makhluk hidup lainnya”. Dupa melambangkan hati, hati yang harum semerbak, jadi bukan dikatakan bahwa tidak menyalakan dupa maka tidak memiliki keyakinan pada Buddha, tidak boleh berkata sedemikian.

Dia berkata sedemikian, harus memiliki bukti tercantum di sutra mana; jika tidak ada sutra sebagai buktinya, kita tidak boleh mempercayainya. Meskipun ada tercantum di dalam sutra, dan Buddha menetapkan sila namun di dalam setiap butir sila ada pengecualian, dan bukan memaksa kita harus bertindak sedemikian, harus lihat juga lingkungannya. Setiap butir sila ada pengecualian, pengecualian ini bukanlah pelanggaran sila.



問:某法師說,不燒香沒有慈悲供養心。什麼都可以省,此支出不能節省。請開示。

答:燒支香就有慈悲心,而不燒香的人就沒有慈悲心,我想不見得。所有一切供養具裡,我覺得最重要的是一杯水。水代表清淨心、平等心,有清淨、平等心才會生慈悲心,這個重要!

我們在家裡供佛,尤其是現在公寓房子,面積都不大,香燒多了,會污染空氣,所以做早晚課時只要燒一支香就好了。一定要了解現代的生活環境,住這麼小的房子,不適宜燒很多香,燒香多了,香氣會污染到隔壁鄰居。

供水非常重要,看到水就想到:「我要用清淨心、平等心處事待人接物」。香代表心,即心香,不是說不燒香就是不信佛,不能這種說法。

  他說的這些話,一定要有經典做依據;沒有經典做依據,我們不能相信。縱然經典裡面有說,而佛是條條戒裡都有開緣,不是教我們一定要這樣作法,一定要看環境。每一條戒都有開緣,這是開戒不是破戒,也不是犯戒。21-090-0069