Rabu, 14 Mei 2014

Masalah Terbesar 08



­­­Tanya Jawab Seputar Masalah Terbesar Dalam Kehidupan Manusia 08

Pertanyaan :

Praktisi Aliran Sukhavati, saat menjelang ajal rintangan karma muncul, bagaimana cara mengatasinya?

Master Chin Kung Menjawab :

Ini adalah sebuah masalah yang berat. Dalam kehidupan keseharian harus memahami tentang cara mengeliminasi rintangan karma, untuk mencegah terjadinya saat menjelang ajal rintangan karma muncul, barulah dapat menggenggam erat kesempatan terlahir ke Alam Sukhavati.

Sebagian orang tidak memiliki keyakinan bahwa dirinya dapat terlahir ke Alam Sukhavati, saat menjelang ajal pasti harus mengandalkan dukungan dari kalyanamitra, ini sangat penting! Jika ada kalyanamitra sejati yang menjaganya, maka musuh kerabat penagih hutang takkan berani mendekat, tetapi harus mencari praktisi yang benar-benar ada melatih diri baru bisa.

Siapa yang disebut praktisi sejati? Yakni orang yang sama sekali tidak memiliki niat mementingkan diri sendiri. Jika masih ada niat mementingkan diri sendiri, popularitas dan keuntungan, nafsu keinginan, lobha, dosa dan moha, maka ini takkan bisa melampaui rintangan Mara, para makhluk halus jahat juga takkan takut padamu.

Jika praktisi itu orangnya bijak, terang, benar dan jujur, para makhluk halus bersikap hormat padanya, tidak berani mencelakainya. Orang begini jika dapat berada di dekat dan menjaga almarhum, maka musuh kerabat penagih hutang masa kelahiran lampaunya tidak berani mendekat, tetapi kalyanamitra sejenis ini sulit dijumpai.

Maka itu cara yang paling baik adalah dalam kehidupan keseharian harus melatih kesucian hati, menuruti Ajaran Buddha, melatih ketulusan, kesucian, keseimbangan batin, pencerahan sejati, maitri karuna, sehingga saat menjelang ajal rintangan Mara takkan muncul, ini haruslah dilatih diri sendiri dengan tekun.

Upasaka Chen Guang-bie dari “Singapore Jushilin Lay Buddhists Society”, pada saat menjelang ajalnya telah memberikan teladan yang terbaik buat kita semuanya. Pada usia lanjutnya beliau jatuh sakit, terbaring dan tidak sanggup bangkit dari tempat tidur, saat itu barulah menfokuskan diri belajar Ajaran Buddha.

Dia meletakkan video rekaman ceramah di atas tempat tidurnya, begitu bangun di pagi hari langsung mulai menyaksikan ceramah, sehari delapan jam, selain mendengar ceramah, sisa waktu digunakan untuk melafal Amituofo, akhirnya tiga bulan sebelum wafat, dia sudah terlebih dulu mengetahui kapan waktunya terlahir ke Alam Sukhavati.

Maka itu, masalah ini harus mengandalkan diri sendiri, mengandalkan orang lain tidak ada jaminannya, orang lain hanya memberimu sebuah jodoh pendukung, diri sendiri harus memiliki bekal yang mencukupi barulah benar.


問:修淨土的念佛人,臨終業障現前,請問應如何處理?

答:這是一個嚴重的問題。平常要懂得消業障,防止臨終時業障現前,才有把握往生。一般人沒有把握往生,臨終一定要靠善知識護持,這非常重要!有真正善知識照顧,冤家債主就不敢靠近,但要找真正有修行的人才行。

哪些是真正修行人?絕對沒有絲毫私心。如果還有自私自利、名聞利養、五欲六塵、貪瞋痴慢,就敵不過魔障,妖魔鬼怪不怕你。如果這個人聰明正直,神明對他都尊敬,不敢傷害他。這個人要是在亡者身前守護,亡者的冤家債主也不敢接近,但這樣的善知識很不容易找到。

所以,最好的辦法是平常培養自己的清淨心,依照佛陀的教導,修真誠、清淨、平等、正覺、慈悲,臨終時魔障就不會現前,這要自己認真努力去做。

  「新加坡佛教居士林」的陳光別居士往生,為我們提供了最好的示範。他是晚年生病,躺在床上無法起身,才真正接觸佛法。他把講經的錄相帶放在床頭,睜開眼睛就看,一天看八個小時,除了聽經之外,就是念佛號,結果他三個月之前就預知時至。因此,這個事情要求自己,靠人靠不住,別人只是給你一個助緣,自己要有真因才行。21-090-0080