Senin, 30 Juni 2014

Vihara 01



­­­Tanya Jawab Seputar Vihara 01

Pertanyaan :

Selama tinggal di dalam vihara bila mendengar suara pukulan genta, tetapi karena sakit atau kelelahan, apakah boleh jika tidak bangkit dari tempat tidur?

Master Chin Kung Menjawab :

Di pagi hari, bunyi suara genta adalah membangunkanmu agar mempersiapkan diri menghadiri kebaktian pagi, jadi harus bangkit dari tempat tidur. Andaikata anda memang sedang sakit atau kecapekkan, boleh terlebih dulu minta ijin cuti. Kesimpulannya tinggal bersama di dalam vihara, maka harus mematuhi peraturan vihara, ini adalah jasa kebajikan yang besar, para Buddha akan memberi pujian, Dewa Naga akan memberi perlindungan.

Jika anda tidak menaati peraturan vihara, ini adalah memecah belah Sangha. Jika anda satu orang boleh berbuat sesuka hati, maka orang lain juga akan meneladani prilaku anda,  maka peraturan dalam Sangha akan jadi kacau, dosa ini akan berakibat jatuh ke Neraka Avici.

Setiap hari kita berada di dalam vihara, dengan sengaja maupun tanpa sengaja, sedang melakukan tindakan memecah belah Sangha, diri sendiri masih belum menyadarinya. Maka itu, jika tidak sering mendengar ceramah Dharma, tidak memperbanyak membaca sutra, bagaimana boleh?

Sekarang anda melakukan kesalahan besar, orang lain takkan mengatakannya padamu karena takut menyinggung perasaanmu. Sesungguhnya orang yang sudi mengatakan dimana letak kesalahan kita, betapa besar budi kebajikannya.

Tetapi tentu saja setelah mengatakannya harus bisa memperbaikinya, barulah orang lain mau mengatakannya; jika sudah dibilang tapi tak mau berubah, sampai ayahbunda juga malas mengatakannya padamu. Seseorang yang dapat mengalir dari kebajikan, bisa memperbaiki kesalahannya, orang ini adalah insan suci, dalam kehidupan ini juga pasti akan meraih keberhasilan.



問:在寺廟裡聞到鐘聲,因病或疲勞,請問可以不起身嗎?

答:如果是早晨,鐘聲是叫你起來做早課,一定要起來。如果你有病或者疲勞,可以預先請假。總而言之,在常住共住,遵守常住公約,就是莫大的功德,這是諸佛讚歎,龍天擁護。你不遵守常住公約,不遵守常住的規矩,就是破和合僧。你一個人可以這樣做,別人也可以這樣做,僧團規矩就破壞了,這個罪過是墮阿鼻地獄。

  我們天天在常住,確實有意無意的做破和合僧的事情,自己並不曉得。所以,不多聽經、不多讀經怎麼行?現在你有再大的過失,別人看到了不會說,說了得罪你。能夠說過失的人,這是大恩大德。但是說了能改,人家才會說;說了不能改,連父母都不會說。一個人能夠從善如流,過而能改,這個人是聖賢人,在這一生決定有大成就。21-090-0028