Sabtu, 31 Mei 2014

Belajar Berceramah 11



­­­Tanya Jawab Seputar Belajar Berceramah 11

Pertanyaan :

Saya memutuskan untuk terlebih dulu mendengar ceramah dan melafal Amituofo selama beberapa tahun, kemudian setelah memiliki samadhi dan prajna, barulah keluar untuk belajar berceramah, menyebarkan Dharma memberi manfaat bagi semua makhluk, apakah pemikiran saya ini tepat adanya?

Master Chin Kung Menjawab :

Tepat. Jika ingin menyebarkan Dharma memberi manfaat bagi semua makhluk, memang benar terlebih dulu kita harus mempunyai dasar, yang paling penting adalah hati dan tekad yang baik, memperlakukan semua makhluk dengan hati yang baik, tidak boleh menggunakan niat jahat terhadap para makhluk.

Mendengar ceramah dan melafal Amituofo, bagi praktisi pemula sebaiknya mendengar ceramah “Buddhabhasita Dasabhadra Karmamarga Sutra” dan “Empat Ajaran Liao-Fan”, mulailah dari sini, kemudian baru mendengar “Amitabha Sutra” atau “Sutra Usia Tanpa Batas”, dan menfokuskan pikiran melafal Amituofo.

Dalam kehidupan keseharian, cara berpikir kita, pandangan dan pemahaman, ucapan dan tindakan harus terjalin dengan sepuluh karma baik seperti yang tercantum dalam “Buddhabhasita Dasabhadra Karmamarga Sutra”, dengan demikian barulah dapat memastikan landasan yang dimiliki.



問:我發心先聽經念佛幾年,等有定慧之後,再出來學習講經說法、弘法利生,請問是否正確?

答:正確的。要想弘法利生,確實自己先要有基礎,最重要的是善心善願,對一切眾生都以善心對待,不可以有惡念對待眾生。聽經念佛,初學最好聽《十善業道經》和《了凡四訓》,先從這裡下手,再聽《阿彌陀經》或者《無量壽經》,並且專心念佛。在日常生活當中,我們的思想、見解、言行決定與十善業相應,如此才能奠定根基。21-090-0086