Senin, 30 Juni 2014

Vihara 03



­­­Tanya Jawab Seputar Vihara 03

Pertanyaan :

Murid adalah pengurus vihara, ada umat yang mendaftar menginap di vihara untuk mengikuti kegiatan pelafalan Amituofo, namun sesungguhnya punya maksud lain, yang pasti adalah merusak peraturan vihara. Jika berulang kali menasehatinya, bisa-bisa malah menjalin jodoh buruk dengannya, jika tidak menasehatinya, malah akan bertentangan dengan tanggungjawab kami sebagai pelindung Dharma. Apa yang harus saya lakukan, barulah dapat menentukan sikap pada praktisi yang baru menetap di vihara, agar tidak menjalin jodoh buruk dengannya, juga dapat melindungi kesucian hati sendiri sebagai pelindung Dharma?

Master Chin Kung Menjawab :

Apabila di ruang kebaktian pelafalan Amituofo bertemu dengan masalah sedemikian, maka harus melapor kepada ketua kebaktian, dia yang mengurus peraturan di dalam ruang kebaktian pelafalan Amituofo dan memimpin kebaktian. Masalah ini biarkan ketua kebaktian dalam ceramahnya menasehati para peserta kebaktian, begini sudah bagus. Selain itu, jika masalah ini agak berat, maka harus memberitahukan ketua yayasan, karena dia merupakan penanggungjawab organisasi, masalah ini akan dituntaskan olehnya, ini merupakan cara yang paling aman. 


問:弟子是道場的執事,若有掛單者名義來念佛堂參學,但實際是別有目的,總之是破壞道場規約。我們勸多了,容易與他結惡緣,若不勸導,又違背自己應有護法的責任。請問我該如何做,才能令掛單的同修覺悟,又不與他結惡緣,又能保護自己的清淨心?

答:念佛堂如果遇到這些事情,要跟念佛堂的堂主報告,他是管理念佛堂規矩與領眾薰修之事。發生這些事情,讓堂主在開示當中勸導大眾,這樣就好。另外,如果是嚴重的事情,一定要告訴林長,因為他是這個團體的負責人,這些事情由他來處理,這樣最為妥當。21-090-0078