Minggu, 29 Juni 2014

Kebaktian Pagi Dan Sore 09



­­­Tanya Jawab Seputar Kebaktian Pagi Dan Sore 09

Pertanyaan :

Kapan waktu yang sesuai untuk melakukan kebaktian pagi dan sore? Melafal Amituofo hingga tasbih jatuh ke lantai, apakah ini berarti tidak hormat pada Buddha?

Master Chin Kung Menjawab :

Melafal Amituofo hingga tasbih terjatuh ke lantai, mungkin anda sudah mengantuk, jika sudah capek maka jangan paksakan diri. Waktu yang sesuai untuk melakukan kebaktian pagi dan sore itu tergantung pada keleluasaan masing-masing, tak perlu seperti vihara yang ada jadwalnya dari jam sekian sampai jam sekian, karena pekerjaan masing-masing berbeda, kehidupan dan kebiasaan juga tidak sama.

Kesimpulannya, Buddha Dharma adalah menuruti jalinan jodoh, Buddha Dharma menuruti kehendak para makhluk, barulah kita bisa menerimanya dengan penuh sukacita. 

Dalam keseharian pukul berapa bangun pagi, setelah anda menetapkan jadwal anda, habis bersih-bersih maka lakukanlah kegiatan pagi, jika anda memiliki waktu luang yang panjang maka lakukanlah dengan agak lama, sebaliknya jika waktu anda mendesak maka lakukanlah dengan singkat.

Harus menyesuaikan dengan kebiasaan hidup sendiri, juga menyesuaikan dengan keluarga sendiri, jangan karena sudah belajar Ajaran Buddha, malah menambah kerisauan anggota keluarga, ini sudah salah.

Jangan sampai malah beranggapan : “Saya melafal Amituofo dalam jumlah banyak dan waktu yang panjang maka Buddha pasti bersukacita”, Buddha memang bersukacita tapi anggota keluarga anda malah jadi kesal, ini sudah salah.

Haruslah agar seluruh anggota keluarga bersukacita barulah benar, jangan sampai keluarga menjadi risau, ini sangat penting.


問:請問早晚課應在什麼時候較合適?念佛時把念珠掉下地,是否對佛不敬?

答:念佛念珠掉下地,大概你已經昏沈了,該休息就不要再勉強。早晚課隨著自己方便,不需要像寺院規定幾點到幾點,因為我們每個人工作不一樣,生活起居習慣不相同。總而言之,佛法是隨緣的,佛法總是恆順眾生,我們才會歡喜接受。自己日常生活幾點鐘起來,你可以定起來之後,洗完臉做早課,如果時間長,多做一點,時間短,少做一點。一定要跟自己生活配合,跟自己家庭配合,不要因為學佛,讓家裡人增加煩惱,那就錯了。你自己說「我念佛念得很多,時間很長,佛一定歡喜」,佛歡喜,但是你一家人討厭就錯了。要自己一家都歡喜才好,不要讓家庭裡起煩惱,這個很重要。21-269-0001